JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gunung Gandul Dihidupkan Lagi, Solusi Ancaman Serangan Kera dan Peningkatan Kesejahteraan Warga

Anggota Kodim 0728 Wonogiri menyusuri jalanan menanjak menuju Gunung Gandul
Anggota Kodim 0728 Wonogiri menyusuri jalanan menanjak menuju Gunung Gandul

WONOGIRI-Serangan kera hingga kini masih terjadi di pemukiman sekitar obyek wisata Gunung Gandul di Kecamatan Wonogiri. Namun ada upaya untuk mengatasinya.

Yakni usulan untuk membangkitkan kembali obyek wisata legendaris Kota Mete tersebut. Hal itu disebut-sebut bisa menjadi solusi ancaman kera sekaligus peningkatan kesejahteraan warga.

Anggota DPRD Wonogiri, Wawan Arifianto mengatakan, selain serangan kawanan kera ekor panjang, Gunung Gandul juga menghadapi permasalahan lain. Yakni semakin sepinya kawasan tersebut dari kunjungan wisatawan.

Pihaknya kemudian mengusulkan membangkitkan kembali obyek wisata Gunung Gandul. Harapannya kawasan wisata ini bisa dikelola oleh warga sekitar, tentunya dengan melakukan beberapa penataan lokasi dan sarana pendukung.

Baca Juga :  Kasus Pertama Ada Bayi Positif COVID-19 di Wonogiri, Tertular Dari Ibunya yang Juga Terpapar Virus Corona

Dan tak kalah pentingnya menurut dia. penanaman pohon buah buahan seperti duwet, jambu, pisang, nangka dan lainnya. Tujuannya menambah ketersedian makanan di kawasan sekitar gunung sehingga diharapkan kera-kera tersebut tidak merusak tanaman warga.

“Ketika dikelola dengan baik, tumbuhan dijaga, ketersediaan makanan bagi kera dan hewan lainnya tercukupi, maka kera tidak lagi berada di sekitar pemukiman warga,” ujar Wawan, Rabu (14/3/2018).

Baca Juga :  7 Warga Ngargoharjo Kecamatan Giritontro Wonogiri Diduga Keracunan Makanan, Dilarikan ke Rumah Sakit Mengeluh Pusing dan Diare

Namun, dia sadar lokasi obyek wisata Gunung Gandul berada di bawah wewenang Perhutani. Lantaran itu dia bersama warga sekitar berencana berkomunikasi dengan Pemkab Wonogiri serta perhutani.

Jika diijinkan, maka akan diambil langkah selanjutnya. Yakni perbaikan infrastruktur, meliputi perbaikan dan pelebaran jalan.

Ketika obyek wisata Gunung Gandul kembali bangkit dan moncer layaknya dulu, pengunjung diharapkan berdatangan. Hal itu menjadi magnet bisnis bagi warga sekitar. Aris Arianto