JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Untungnya Anak-anak PAUD Ini Masih Cinta Buku

Para siswa PAUD Mutiara 21 Semanggi duduk si lantai sembari asyik menikmati buku/Suhamdani

SOLO – Kantor Perpustakaan Daerah Kota Surakarta di Jalan Hasanudin Solo, Kamis (29/3/2019) pagi kemarin mendapatkan “tamu istimewa”.

Tamu tersebut bukan pembesar, namun anak-anak kecil. Mereka adalah para siswa dari PAUD Mutiara 21 Semanggi, Solo.

Orang tua siswa juga ikut mendampingi anak-anak mereka/Suhamdani

Lihatlah, anak-anak itu demikian gembira dan merasa lepas ketika dilepas di lorong-lorong di antara rak buku yang penuh dengan ribuan buku.

Mereka duduk berkelesotan di lantai
Mereka tak takut celana atau baju mereka kotor karena lantai perpustakaan yang bersih.

“Bu, aku pilih yang ini. Ini gambarnya bagus,” ujar salah seorang siswa berlari-lari mendekati Kepala Sekolah PAUD Mutiara 21, Hesti Setyaningsih.

Baca Juga :  Beberapa SMKN di Yogyakarta Mulai Pembelajaran Tatp Muka Terbatas

Di sela-sela obrolan dengan Joglosemarnews, Hesti menerima anak itu dengan senyum, lalu memberinya motivasi untuk mencintai buku.
“Ini sebenarnya kegiatan rutin tahunan yang sifatnya tematik. Kebetulan tahun ini bertema ‘alat komunikasi’ makanya kami bawa anak-anak ke sini,” ujar Hesti.

Ada 27 orang anak yang ikut dalam kegiatan tersebut. Dikatakan Hesti, kalau lengkap, ada 40 oramg anak yang ikut. Namun karena beberapa alasan, hanyan 27 siswa yang ikut serta.

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring

“Di tahap awal yamg penting anak suka buku. Meski mereka milih uang banyak gambarnya nggak papa. Harapan saya ke depan, dengan mencintai buku, mereka akan suka membaca buku,” lanjutnya.

Beberapa orang tua siswa juga tampak hadir dan ilut mendampingi ana-anaknya. Menurut Hesti, otang tua siswa memang dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Karena, bagaimana pun juga, peran ibu sangat penting dalam mbangun kebiasaan baik anak, termasuk kegiatan membaca.

“Malah ini tadi ibu-ibu orang tua siswa saya sarankan untuk menjadi anggota perpustakaan,” ujar Hesti. # Suhamdani