JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

8 Buah dan Sayur Berair Ini Penting Bagi Tubuh,  Ini Dia Macamnya

Ilustrasi/Tribunnews

Bahan makanan serta buah yang berair, ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.  Buah apa saja yang perlu kita ketahui dan konsumsi agar tubuh tetap sehat? Ini dia:

  1. Mentimun

96% kandungan dari mentimun adalah air. Sayuran ini juga kaya vitamin C, vitamin K, potasium, dan asam caffeic, yang memiiki antiperadangan. Itulah mengapa irisan mentimun sering dijadikan masker di mata.

 

  1. Lobak

Lobak adalah sayuran yang kadang sering dianggap remeh. Padahal 95% kandungannya adalah air. Sayuran ini mengandung catechin, antioksidan pencegah penyakit serta memiliki manfaat seperti teh hijau bagi tubuh.

  1. Seledri

Seledri terdiri dari sekitar 95% air. Sayuran ini juga mengandung garam mineral, vitamin, dan asam amino. Dalam penelitian disebutkan seledri mampu menghidrasi tubuh dua kali lebih efektif daripada segelas air.

  1. Tomat
Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

Sayuran buah ini mengandung 94 persen air. Dia juga sumber potasum, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Warna merah pada tomat dihasilkan dari likopen antioksidan, yang dikaitan dengan antipenuaan, yang mana dapat menjaga kulit tampak sehat.

  1. Semangka

Buah semangka mengandung 93% air dan mengandung zinc, B6, folate, magnesium, sodium, dan potassium. Sama seperti tomat, likopen juga terkandung pada semangka, sehingga warnanya merah. Semangka dapat membantu sel agar tetapsehat dan melindungi dari penyakit kardiovaskular.

  1. Stroberi
Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19

Ada sekitar 92% kandungan air dalam stroberi. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K, dan kalium. Buah ini cenderung rendah gula dan mengandung antioksidan.

  1. Paprika hijau

Paprika hijau ternyata mengandung air yang banyak,yaitu 92%. Di dalam sayuran ini terdapat antioksidan, dan mengandung dua kali lipat vitamin C dari yang dibutuhkan setiap harinya.

  1. Nanas

Bukan hanya untuk campuran minuman, nanas yang mengandung 8875 air ternyata punya manfaat lain. Nanas memiliki bromelain, enzim yang digunakan untuk antipembengkakan dan antiinflamasi. Bromelain juga digunakan untuk mengobati penyakit luka kulit, beronkitis, radang sendi, serta sebagai agen antikanker.

www.tribunnews.com