JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Bau Durian Ini Picu Kepanikan Hebat, 500 Mahasiswa dan Dosen Terpaksa Harus Diamankan

Ilustrasi durian
Ilustrasi durian

JAKARTA- Ratusan orang terpaksa dievakuasi dari sebuah perpustakaan di pusat Kota Melbourne, Australia, pada Sabtu, 28 April 2018, gara-gara bau busuk yang dikira ada kebocoran gas. Ratusan orang dari kalangan mahasiswa dan dosen itu terpaksa dievakuasi akibat bau menyengat yang ternyata berasal dari durian busuk.

“Petugas terpaksa mengevakuasi mereka karena ketakutan ada bau busuk yang diduga akibat kebocoran gas,” tulis Channel News Asia, Minggu (29/4/2018).

Departemen Pemadam Kebakaran Kota mengatakan dalam sebuah pernyataan, mereka mendapatkan panggilan dari Universitas Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia, di Jalan Latrobe pada pukul 15.00 petang waktu setempat, setelah tercium bau gas di sebuah perpustakaan.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Bau gas ini memicu kepanikan. Polisi setempat mengambil langkah cepat dengan mengevakuasi sekitar 500 mahasiswa dan dosen. Petugas pemadam kebakaran menggunakan alat bantu pernapasan mencari tahu pusat bau tersebut.

“Gedung RMIT diketahui menyimpan bahan kimia berbahaya,” bunyi salah satu pernyataan Departemen Pemadam Kebakaran.

Baca Juga :  Sungguh Nekat! Perempuan Ini Gergaji Tangannya Sendiri Demi Uang Asuransi

Setelah petugas pemadam kebakaran melakukan pelacakan di berbagai lokasi, mereka akhirnya menemukan satu buah durian yang tersimpan di dalam lemari.

“Kami melacak sumber bau dengan saksama di sejumlah tempat. Sumber bau tersebut adalah durian yang dibiarkan membusuk di dalam lemari sehingga mengeluarkan bau menyengat.Bau itu telah meresap ke sistem AC, “kata Brigade Pemadam Kebakaran Metropolitan, Australia.

www.tempo.co