JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Bukannya Berkarat, Usia 1500 Tahun Pedang Ini Masih Berkilau dan Setajam Silet

Tribunnews

Usia tua, bagi manusia mungkin identik dengan kerapuhan. Namun tidak bagi benda-benda tertentu, termasuk benda pusaka. Ada cerita, pada tahun 1965 silam, sekelompok Arkeolog menemukan makam di Provinsi Hubei, China.

Diperkirakan, makam tersebut  sudah berusia 2000 tahun silam. Secara rinci, makam tersebut berangka tahun antara 722 – 479 SM, tepatnya ketika negara itu terbagi ke dalam kerajaan – kerajaan yang saling bermusuhan.

Di makam tersebut, Arkeolog juga menemukan sebilah pedang yang disimpan dalam sarung kayu di samping kerangka. Sarungnya dalam kondisi yang sangat baik. Tapi awalnya mereka tak bisa berharap banyak lantaran kemungkinan pedang sudah rusak dan berkarat.

Baca Juga :  Ini Peraturan Pelaksanaan Ibadah Umrah di Masa Pandemi Covid-19: Batas Waktu hanya 3 Jam, Jemaah Dibagi Per Kelompok 1.000 Orang

Tapi mengejutkan, ketika dibuka pedang itu masih dalam kondisi sangat baik. Logamnya masih berkilau, bahkan ketajamannya diibaratkan masih setajam silet!

Pedang yang diperkirakan sudah berusia 2500 tahun itu  memiliki rona keemasan yang dikombinasikan dengan pola berwarna gelap dengan desain yang rumit. Arkeolog sangat terkejut bahwa pedang itu tidak berkarat.

Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

Soal ketajamannya, Arkeolog masih belum tahu bagaimana logam tajam ini bisa bertahan dari udara yang lembap. Temuan itu tentu saja memancing beragam pertanyaan. Terutama pertanyaan seputar siapakah pria yang ada dalam makam itu sehingga memiliki pedang yang sangat spesial ini.

www.tribunnews.com