JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pungli di Jalan Masih Merajalela, Jokowi Minta Wakapolri Bertindak

   
Foto/Tempo.co

JAKARTA- Presiden Joko Widodo alias Jokowi menegaskan akan memecat para aparat pemerintahan yang melakukan pungutan liar atau pungli terhadap para pengemudi truk angkutan barang. Seruan serupa juga dilontarkan Wakapolri yang meminta sopir tak segan memvideokan apabila ada polisi yang memalak atau mungli di jalan.

“Disikat semuanya,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Baca Juga :  Perang Urat Syaraf antar Tim Kuasa Hukum Memanas Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

Jokowi mengaku sebetulnya sudah mendengar masih adanya pungli yang dialami para pengemudi truk. Namun, ia tak menyangka bahwa kasus pungli tersebut cukup banyak dan dilakukan oleh preman, aparat kepolisian, dan pemerintahan.

“Saya kan dengarnya sedikit, ternyata setelah bertanya kepada para pengemudi, para supir ternyata sangat banyaknya. Kaget dong. Masa enggak boleh kaget saya,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Setelah mendengar curhat para pengemudi truk, Jokowi mengatakan segera memerintahkan Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Syafruddin untuk menindaklanjuti.

Sebab, ia menilai pungli yang dialami pengemudi truk telah membuat resah, tidak nyaman, dan sangat mengganggu. Pungli, kata Jokowi, juga menyebabkan biaya transportasi tinggi karena adanya cost tambahan yang seharusnya tidak perlu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com