JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KH.  Iskak Paparkan 3 M Kunci Sukses Hablum Minnanas

Dok PHBI Unisri

SOLO – Sholat Idul Fitri 1439 H yang diselenggarakan LP2A Kelurahan Kadipiro dan PHBI Unisri di halaman kampus Unisri,  Jumat (15/6/2018) berlangsung sukses dan lancar.
Acara sangat meriah karena dihadiri ribuan jamaah.

Sekretaris LP2A,  Bambang Hardjanto sebagaimana rilis yang dikirim Ketua PHBI Unisri, Drs. Suharno,  MM,  Ak menjelaskan,  sejumlah aparat  ikut mengamankan jalannya sholat ied, baik dari linmas, satpam, kepolisian,  dan beberapa personil tentara ikut serta membantu kelancaran ibadah.

Baca Juga :  Perlahan Namun Pasti, Pasien Positif Covid-19 di Solo Terus Naik, Sekarang Total 667 Kasus

Tampil sebagai Imam dan Khotib KH. Drs. Iskak dari Ponpes Kendal Semarang. Dalam khotbahnya menyampaikan keberhasilan umat Islam melaksanakan puasa adalah kekuatan dan anugerah yang wajib disyukuri.

Namun jika dibandingkan dengan ibadah Rasulullah SAW belum seberapa,  masih sithik tur kurang apik.

Sithik maksudnya masih jauh dari yang dilakukan Rasulullah SAW, terutama kedermawanan, infaq shodaqoh, dan sholat qiyamullail.

Baca Juga :  Koleksi Ratusan Keris, Mantan Ketua Umum PSSI Sekaligus Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti Mendapat Gelar Pangeran Hardonagoro dari Keraton Solo

Sementara menyangkut hubungan sesama manusia atau hablum minnanas, KH Iskak memberikan resep 3M, yaitu mesem (senyum) manthuk (mengangguk)  dan monggo, syukur dapat dilanjutkan dengan jabat tangan dan silaturahmi.

Dengan melaksanakan 3 M akan terbangun jalinan ukhuwah islamiyah, serta persatuan dan kesatuan umat. Bisa hidup berdampingan diantara keberagaman dengan penuh kedamaian. # Suhamdani