JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Penuhi Nazar, Belasan Tukang Becak di Sragen Rela Kayuh Becak Sragen-Semarang Demi Bertemu Ganjar dan Bambang Pacul

Para tukang becak Paguyuban Becak Sukowati saat berpose bersama Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto seusai meminta restu untuk memenuhi nazar mbecak ke Semarang menemui Ganjar Pranowo dan Bambang Pacul, Kamis (28/6/2018) pagi. Foto/Wardoyo
Para tukang becak Paguyuban Becak Sukowati saat berpose bersama Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto seusai meminta restu untuk memenuhi nazar mbecak ke Semarang menemui Ganjar Pranowo dan Bambang Pacul, Kamis (28/6/2018) pagi. Foto/Wardoyo

SRAGEN-  Kemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin di Pilgub Jateng dan di willayah Sragen, disambut hangat kalangan tukang becak di Sragen. Sebagai luapan kegembiraan, belasan tukang becak yang mangkal di wilayah Sragen Kota dan sekitarnya menggelar aksi mbecak bareng untuk menemui Ganjar Pranowo di Semarang.

Aksi mbecak bareng itu digelar dengan start di depan rumah dinas Ketua DPRD Sragen,  Bambang Samekto Kamis (28/6/2018) pagi. Para tukang becak yang tergabung dalam paguyubah becak kayuh sukowati itu kompak mengenakan kaos merah bertuliskan Bareng Serempak.

Salah satu sesepuh tukang becak,

Hadi Sukamto yang memimpin rombongan pagi itu menuturkan ia akan mengayuh becak ke Semarang bersama 11 rekannya. Aksi itu digelar sebagai pelunasan haul atau nazar jika Ganjar terpilih kembali di Pilgub Jateng 2018, maka mereka akan menemui Ganjar di Semarang dengan membecak.

“Kita memang sudah punya nazar kalau Pak Ganjar menang,  kita akan mbecak sampai Semarang untuk menemui Pak Ganjar, ” paparnya.

Baca Juga :  Bawaslu Sragen Tolak Dugaan Langgar Kode Etik, Begini Sanggahan Mereka

Setelah ketemu ganjar apa yang akan disampaikan? Hadi menguraikan selain mengucapkan selamat, dirinya dan rekan sesama pengayuh becak akan menyampaikan aspirasi yang dialami para tukang becak.

“Kalau memang becak motor itu ndak diperbolehkan, kami sebagai becak kayuh juga harus dipikirkan. Kalau pakai mesin diesel kan berbabaya,  ya dipikirkan bagaimana konstruksi becak yang dibolehkan. Mungkin bisa pakai becak sepeda motor. Biar nanti kami bisa beli,  kredit pun nggak apa-apa. Yang penting resmi dari pemerintah, ” terangnya.

Soal perjalanan ke Semarang, Hadi mengaku sudah menyiapkan stamina dan tidak akan ngaya. Jika kecapekan nanti akan istirahat dan melanjutkan perjalanan lagi.

Tukang becak lainnya,  Wawan Kristiawan (42) asal Teguhjajar,  Plumbungan mengaku sudah membulatkan niat untuk menemui Ganjar di Semarang. Jika diberi kesempatan bertemu,  ia akan menyampaikan aspirasi agar nasib para tukang becak kayuh bisa lebih diperhatikan.

“Biar kesejahteraan wong cilik seperti kami bisa ikut meningkat. Kami satu paguyuban ada sekitar 30 orang, ” tuturnya.

Baca Juga :  Mohon Perhatian, Warga Sragen yang Ada di Jakarta Sementara Jangan Pulang Dulu. Bupati dan Gubernur Ganjar Minta Warga Dukung Pelaksanaan PSBB!
Foto/Wardoyo

Sebelum menemui Ganjar,  para tukang becak itu berencana menemui komandan tempur pemenangan Ganjar-Yasin yang juga Ketua DPD PDIP Jateng,  Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Sebagai bagian dari relawan di lapangan,  mereka juga akan menyampaikan aspirasi agar bisa diperjuangkan lewat PDIP Jateng.

Sementara,  Ketua DPRD Sragen,  Bambang Samekto menuturkan dirinya juga tak menyangka jika didatangi belasan tukang becak yang minta doa untuk menemui Ganjar Pranowo. Menurutnya aksi mbecak ke Semarang itu memang keinginan paguyuban becak Sukowati di Sragen untuk merayakan kemenangan Ganjar di Pilgub.

“Mereka pakai Kaos Bareng Serempak karena mereka punya niat dan dilakukan bareng-bareng menemui Mas Ganjar sebagai perayaan kemenangan di Pilgub. Karena itu merupakan nadar mereka yang memang harus dilaksanakan. Saya sebagai orang yang dimintai restu ya mengamini dan mendukung saja. Mereka sudah persiapan sejak tadi malam, ” ujar Bambang saat menerima mereka di rumdin.  Wardoyo