JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

PPDB Jalur KK Miskin Digelar 22-23 Juni. Nilai Rata-rata Minimal Ditetapkan 65

Ilustrasi PPDB
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Ilustrasi PPDB

SRAGEN-  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menetapkan batas minimal nilai bagi calon siswa untuk mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP jalur KK miskin tahun 2018/2019 rata-rata 70 untuk raport atau 65 untuk Mapel Ujian Nasional (UN).  Batas nilai minimal itu dituangkan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB SMP Tahun 2018/2019 yang diterbitkan Disdikbud setempat.

Kepala Disdikbud Sragen,  Suwardi mengungkapkan PPDB SMP untuk jalur KK miskin berprestasi akan dibuka selama dua hari pada Jumat (22/6/2018) dan Sabtu (23/6/2018).

Dalam rangka memenuhi rasa keadilan terhadap rerata mutu/kualitas akademik di masing-masing satuan pendidikan, Disdikbud juga melakukan pemetaan kriteria persyaratan nilai akademik bagi siswa yang akan mendaftar jalur KK miskin.

Baca Juga :  Pabrik Penggilingan Isi Bantal di Sukodono Sragen Terbakar Hebat. Karyawan Panik Berhamburan, Kerugian Rp 150 Juta

Kriteria nilai yang disyaratkan untuk PPDB jalur KK miskin adalah nilai Raport semester 7 s/d 11 rata-rata ≥ 70,00. Kemudian nilai hasil UN 3 Mapel rata-rata sama dengan atau lebih dari 65,00 atau akumulasi nilai tiga mapel UN minimal 195,00.

Penetapan kriteria nilai untuk jalur KK miskin itu dimaksudkan untuk memenuhi rasa keadilan terhadap rerata mutu/kualitas akademik di masing-masing satuan pendidikan.

Baca Juga :  Berikut Daftar Lengkap 19 Warga Sragen Yang Positif Terpapar Covid-19 Hari Ini. Kecamatan Sragen Paling Banyak, 5 Orang Masih Bocah!

Dalam Juknis juga disampaikan kuota jalur KK miskin setiap sekolah adalah 20 persen dari total kursi yang dimiliki di sekolah tersebut. Kemudian siswa miskin tidak otomatis diterima akan tetapi tetap mendasarkan pada persyaratan kriteria nilai minimal yang sudah ditetapkan.

Bagi calon siswa pendaftar dari On Line KK miskin yang memenuhi syarat tetapi tidak diterima karena sudah melebihi kuota, maka yang bersangkutan dapat mencabut pendaftarannya. Kemudian mendaftarkan kembali melalui jalur PPDB On Line regular di sekolah tersebut atau disekolah lain. Wardoyo