loading...


SOLO– Siswa lulusan SMA yang belum lolos dalam proses SBMPTN 2018 dapat mendaftarkan ke PTN melalui jalur mandiri yang ditutup tanggal 7 Juli 2018. Dalam hal ini, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) membuka kesempatan bagi 1.200 calon mahasiswa baru.

Menurut Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Prof Sutarno, penerimaan mahasiswa jalur mandiri terbuka bagi calon mahasiswa baik yang tidak lolos SNMPTN SBMPTN 2018. Prof Sutarno mengatakan, seleksi calon mahasiswa melalui jalur mandiri akan dilakukan dengan sistem perangkingan peserta SBMPTN yang mendaftar bukan hanya di UNS tetapi juga pendaftar SBMPTN seluruh PTN di Indonesia.

Baca Juga :  UMS Bangun Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kupang NTT

“Dari sistem ini akan mendapatkan mahasiswa yang lebih berkualitas, sehingga UNS  melakukan kerjasama dengan Panitia Pusat untuk mendapatkan data peserta SBMPTN. Dasar yang digunakan lebih kualified karena melalui seleksi nasional. Dan setelah terkumpul, akan kita rangking sesuai jurusan. Kami mengambil sesuai kuota kami dan kerjasama dengan pusat,” imbuhnya.

Ditambahkan Prof Sutarno, pihaknya akan menerima sebanyak 20 persen atau sekitar 1200 orang  dari total kuota  6.171 calon mahasiswa  ditambah  kursi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di SBMPTN namun tidak melakukan daftar ulang.

Baca Juga :  Dirdiklat Kodiklatau Tutup Empat Pendidikan di Lanud Adi Soemarmo

“Untuk itu, bagi peminat kami harapkan segera mendaftarkan diri, untuk menghindari gangguan jaringan internet, mengingat tahun lalu pendaftar jalur Mandiri mencapai 50 ribu. Sebelumnya jalur SNMPTN telah menerima 1900 calon mahasiswa baru,  64 di antaranya Hafizh , sedangkan  jalur SBMPTN yang diumumkan Selasa 3 Juli 2018 diterima 3.345 calon mahasiswa , 953 di antaranya merupakan calon penerima Bidik Misi,” tukasnya. Triawati PP

Loading...