JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ketua Komisi I DPR Latihan Patahkan Beton Setinggi 7 Meter, Untuk Atraksi Spektakuler Merpati Putih

Ketua Komisi I DPR RI, Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari (mengenakan harnes full body) bersiap latihan dan mematahkan 73 beton hebel (kanan) Foto: Humas MP
Ketua Komisi I DPR RI, Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari (mengenakan harnes full body) bersiap latihan dan mematahkan 73 beton hebel (kanan) Foto: Humas MP

SOLO-Acara bertajuk Atraksi Spektakuler Semarak Serentak untuk Indonesia Jaya, pada 19 Agustus 2018, yang akan dilakukan para pendekar Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih (PPS Betako MP) dipersiapkan serius di antaranya dengan latihan intensif yang dilakukan Ketua Komisi I DPR RI, Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, Sabtu (21/7/2018).

Abdul Kharis yang pada 19 Agustus mendatang akan mematahkan beton hebel sebanyak 73 buah di area car freday Jalan Brigjen Slamet Riyadi tepatnya di Monumen Slamet Riyadi Gladag Solo, dalam latihannya sukses mematahkan 73 beton hebel setinggi 7 meter.

“Latihan kami lakukan di Kelurahan Baru, Pasar Rebo, Cijantung Jakarta Timur. Mas Kharis didampingi sejumlah pelatih MP dari pusat maupun dari Soloraya,” kata Ketua Panitia Atraksi Spektakuler Semarak Serentak untuk Indonesia Jaya, Haris Nugroho.

Baca Juga :  Khawatir Jadi Klaster Penularan Covid-19, PP Muhammadiyah Imbau KPU Tunda Pilkada

Haris Nugroho mengatakan PPS BETAKO MP akan menggelar Atraksi Spektakuler Semarak Serentak untuk Indonesia Jaya, 19 Agustus 2018. Acara yang digelar untuk memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 itu akan dilakukan oleh 17 pendekar ternama di 8 kota serta dengan 45 jenis demonstrasi.

Salah satu pendekar yang melakukan atraksi itu adalah Ketua Komisi I DPR RI, Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari. Delapan kota yang secara serentak melakukan atraksi itu adalah Solo, Surabaya, Bandung, Jakarta, Bogor, Banyumas, Mimika (Papua), dan Medan. “Di Solo mas Kharis akan mematahkan 73 beton hebel yang disusun setinggi 7 meter. Alhamdulillah dalam latihan kemarin mas Kharis berhasil,” tambah Haris Nugroho yang dosen Fakultas Olahraga UNS ini.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-73 RI itu nantinya juga akan dicatat oleh lembaga Museum Rekor Indonesia (MURI). Menurut Haris ada 45 jenis atraksi pematahan benda keras yang akan diperagakan para pendekar MP baik pria maupun wanita. Benda-benda keras yang akan dipatahkan dengan tangan kosong itu di antaranya balok es, pipa dragon, kikir besi dan lain-lain.

Baca Juga :  Rektor IPB Sempat Bertemu Banyak Tokoh Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19

Saat ini panitia di Solo menurut Haris tengah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk atraksi spektakuler untuk menyemarakkan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 itu. Selain mempersiapkan 17 pendekar untuk berlatih, pihaknya juga tengah mencari material untuk atraksi. Termasuk membuat tonggak besi untuk menyusun beton hebel dan harnes full body. “Karena tonggaknya belum ada di Solo makan latihan kami lakukan di Jakarta,” tambah Haris.(Marwantoro)