Beranda Edukasi Akademia Selamat! 3.345 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN 2018 di UNS

Selamat! 3.345 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN 2018 di UNS

61
BAGIKAN

SOLO– Sebanyak 3.345 calon mahasiswa lolos melalui jalur SBMPTN 2018 di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Jumlah tersebut diperoleh dari 87.000 peminat yang mendaftar UNS melalui jalur tersebut.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof Drs, Sutarno, MSc, mengungkapkan, dari penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTN tersebut, beberapa fakultas memiliki peminat tinggi.

“Program studi (prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Politik UNS merupakan prodi yang memiliki tingkat keketatan tertinggi. Jumlah yang diterima melalui jalur SBMPTN 2018 ini sekitar 50 persen lebih sedikit dari total sekitar 6.200 calon mahasiswa yang diterima UNS,” paparnya, Jumat (6/7/2018).

Sutarno menambahkan, Prodi Komunikasi mengalami kenaikan dalam tingkat keketatan. Hal itu disebabkan oleh naiknya minat calon mahasiswa untuk masuk Prodi Komunikasi.

“Dan kualitas dari prodi tersebut juga tinggi. Namun tingkat keketatan prodi-prodi di UNS tahun ini memang agak berubah. Paling tinggi itu Manajemen dan Komunikasi, lalu Psikologi, Informatika, Farmasi dan Kedokteran,” tukasnya.

Baca Juga :  Wahana Kolam Keceh Tingkatkan Target Pengunjung TSTJ

Berdasarkan data UNS, jumlah pendaftar di beberapa Prodi yang paling tinggi adalah Kedokteran sebanyak 5.658 pendaftar, kedua 4.416 pendaftar Prodi Ilmu Hukum, 4.221 pendaftar Manajemen, 3.361 pendaftar Ilmu Komunikasi dan 3.297 pendaftar Teknik Sipil.

Sedangkan calon penerima Beasiswa Bidikmisi yang berhasil lolos SBMPTN UNS tahun 2018 sebanyak 953 calon mahasiswa.

“Lolos tidaknya mendapat beasiswa Bidikmisi tergantung hasil verifikasi. Artinya mereka secara akademik lolos dan beasiswa Bidikmisi bisa lolos, selain karena keterbatasan kuota Bidikmisi UNS hanya 450, juga hasil verifikasi terhadap orang tua calon penerima beasiswa,” pungkasnya. Triawati PP