JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Anggota Linmas Wonogiri Kini Tak Hanya Andalkan Kentongan

Personil linmas dilatih memadamkan api.
   
Personil linmas dilatih memadamkan api.

WONOGIRI-Personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) Wonogiri saat ini tidak hanya mengandalkan kentongan dalam berkomunikasi. Linmas juga perlu mengikuti perkembangan teknologi untuk memaksimalkan peran mereka.

Salah satunya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dalam berbagai aktivitas. Misalnya penyebaran informasi melalui whatsapp (WA) dan sejenisnya.

Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo menerangkan, kentongan kini bukan lagi satu-satunya media berkomunikasi dalam kegiatan keamanan lingkungan. Linmas bisa menggunakan media sosial dan pesan-pesan singkat melalui ponselnya untuk berbagi informasi di lingkungan masing-masing.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

“Linmas sekarang bisa memanfaatkan TI, seperti grup WA untuk saling berkomunikasi,” terang dia, Kamis (30/8/2018).

Di sisi lain, sebut dia, Linmas Wonogiri kini meningkatkan peran perempuan untuk andil dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan. Sebanyak 30 anggota Linmas perempuan diikutsertakan dalam Latsar tersebut.

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Menurutnya, peran perempuan sangat diperlukan. Tujuannya untuk menjauhkan kesan angker pada Linmas dan menekankan pendekatan humanis dan cantik.

Linmas di Kabupaten Wonogiri saat ini sebanyak 8.164 orang. Pada 2017 lalu pihaknya telah menggelar latihan dasar untuk 600 personel Linmas. Adapun tahun 2018 latihan dasar diikuti 200 personel Linmas. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com