JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Anggota Linmas Wonogiri Kini Tak Hanya Andalkan Kentongan

Personil linmas dilatih memadamkan api.

Linmas
Personil linmas dilatih memadamkan api.

WONOGIRI-Personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) Wonogiri saat ini tidak hanya mengandalkan kentongan dalam berkomunikasi. Linmas juga perlu mengikuti perkembangan teknologi untuk memaksimalkan peran mereka.

Salah satunya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dalam berbagai aktivitas. Misalnya penyebaran informasi melalui whatsapp (WA) dan sejenisnya.

Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo menerangkan, kentongan kini bukan lagi satu-satunya media berkomunikasi dalam kegiatan keamanan lingkungan. Linmas bisa menggunakan media sosial dan pesan-pesan singkat melalui ponselnya untuk berbagi informasi di lingkungan masing-masing.

Baca Juga :  Gegara Banyu Gendeng Warga Ponorogo Diancam Clurit Besar Selanjutnya Dikeroyok 3 Orang Hingga Terluka, Pelaku Sudah Minta Maaf Namun Proses Hukum Jalan Terus

“Linmas sekarang bisa memanfaatkan TI, seperti grup WA untuk saling berkomunikasi,” terang dia, Kamis (30/8/2018).

Di sisi lain, sebut dia, Linmas Wonogiri kini meningkatkan peran perempuan untuk andil dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan. Sebanyak 30 anggota Linmas perempuan diikutsertakan dalam Latsar tersebut.

Baca Juga :  PSBB Wonogiri Ditindaklanjuti Anggota Tim Gabungan Betal Alias Nguntoronadi dengan Semakin Gencar Gelar Operasi Protokol Kesehatan

Menurutnya, peran perempuan sangat diperlukan. Tujuannya untuk menjauhkan kesan angker pada Linmas dan menekankan pendekatan humanis dan cantik.

Linmas di Kabupaten Wonogiri saat ini sebanyak 8.164 orang. Pada 2017 lalu pihaknya telah menggelar latihan dasar untuk 600 personel Linmas. Adapun tahun 2018 latihan dasar diikuti 200 personel Linmas. Aris Arianto