loading...
Warga berjaga di sekitar pemukiman, tampak di kejauhan api yang menghanguskan hutan milik Perhutani di Jatiroto.

WONOGIRI-Kebakaran lahan terus berlangsung di Wonogiri. Termasuk yang melanda hutan negara di wilayah Kecamatan Jatiroto.

Bahkan hingga saat ini api belum dapat dipadamkan. Luasan lahan yang terbakar sementara adalah 10 hektare dan masih terus bertambah.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (19/8/2018) mengungkapkan, kebakaran lahan melanda hutan negara milik Perhutani. Tepatnya berlokasi di Petak 68 RPh Dawungan BKPH Purwantoro di Dusun Guno Kidul, Desa Guno, Kecamatan Jatiroto.

Baca Juga :  383 Calhaj Wonogiri Gagal Naik Haji, Dana yang Sudah Disetorkan Bisa Ditarik Kembali

Titik api awalnya terlihat sekitar pukul 12.30 WIB, Sabtu siang. Lantaran titik api berada di puncak bukit mudah tertiup angin. Akhirnya meluas dan membesar.

Mengingat kondisi medan yang terbakar berada di daerah pegunungan dengan lokasi cukup terjal dan curam, upaya pemadaman mengalami kesulitan. Pengecekan terkini, api masih lebih dari satu kilometer dari permukiman.

Baca Juga :  Ternyata Program Penghijauan Itu Tidak Sekedar Menanam, Harus Pula Diikuti Langkah Perawatan Rutin Seperti Penyiraman Pemupukan Hingga Penyiangan

Untuk mengantisipasi merembetnya api ke pemukiman, untuk sementara warga diarahkan bersama berjaga sampai kondisi titik api terkendali aman. Sampai saat ini Tim BPBD bersama petugas Perhutani serta Camat Jatiroto masih di lokasi.

“Berdasarkan laporan sementara lahan yang terbakar sekitar lebih dari 10 hektare. Tanaman lahan yang terbakar jenis pinus, jati, dan sonokeling,” ungkap dia. Aris Arianto