loading...
Loading...
Dok Suharno

KARANGANYAR – Untum  mewujudkan visi Kabupaten Karanganyar dalam mencetak 10.000 wirausahawan baru, Mahasiswa KKN Unisri yang melaksanakan KKN di Desa Kaling,  Tasikmadu,  Karanganyar menyelenggarakan sosialisasi dan motivasi kewirausahaan, bertempat di Balai Desa Kaling,  Senin (20/8/2018).

Dewa,  salah satu anggota tim KKN Desa Kaling,  menjelaskan kegiatan mengangkat tema Menumbuhkan Semangat Wirausaha Sejak Usia Muda,  diikuti 30 peserta.
Tampil sebagai pembicara,  Direktur Amalia Consulting,  Suharno,  serta mahasiswa KKN Unisri Mela,  Siti, Risma.

Dalam paparan yang dikemas antusias, fun dan interaktif ini,  Suharno  menjelaskan ada jutaan peluang wirausaha di sekitar kita yang bisa kita buka. Kendala utama wirausaha bukan di modal uang,  namun keberanian memulai.

Baca Juga :  Kecewa UMK Usulan Bupati, Ratusan Buruh Karanganyar Bakal Demo Geruduk Gubernur Jateng. Sebut Usulan Bupati Tak Adil Bagi Buruh!

“Bila punya ide atau gagasan segera eksekusi. Jangan  banyak menunggu sampai punya modal uang. Mulai dari hal kecil dan sepele. Misal jadi reseler atau memulai usaha dari hoby,” papar Suharno sebagaimana rilis yang sikirimkan ke Joglosemarnews.

Semenata itu Mela,  Siti dan Risma,  berkisah awal mula merintis usaha on line yang tidak butuh banyak modal dan tidak harus bertemu dengan pembeli.

Mela memulai usaha on line reseler pemutih badan dengan omzet ratusan ribu perbulan dengan keuntungan mencapai empat puluh persen.

Baca Juga :  Warga Seisi Kampung di Lereng Lawu Karanganyar Mendadak Kompak Matikan Listrik dan Beralih Nyalakan Lampu Thinthir 

Siti bersama temannya membuat jilbab kemudian dijual via on line juga. Hanya bermodal Rp 450.000  dari patungan tiga orang. Dan Risma reseler baju via on line. Omzet penjualan ratusan ribu perbulan.

Ketiga-tiga berjualan on line untuk sambilan saja,  sehingga tidak menganggu perkuliahan,  justru bisa ikut meringankan beban orang tua membayar biaya kuliah.

Kegiatan dibuka Sekretraris Desa  Kaling, Sartoto. Dia menyambut gembira kegiatan motivasi wirausaha,  dan berharap bisa meningkatkan minat generasi muda Desa Kaling untuk terjun sebagai wirausaha. #Suhamdani

Loading...