loading...
Loading...
pexels.com

Di wilayah tropis seperti negara kita ini memang memiliki udara yang cenderung panas dan pada siang hari sinar matahari begitu menyengat.

Apalagi bagi orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari dapat merusak kesehatan kulit, seperti
membuatnya terlihat kering dan kulit menjadi coklat atau gosong.

Untuk mengatasinya, orang akan menggunakan tabir surya.Tapi sayangnya, menggunakan tabir surya dalam jangka panjang akan berdampak buruk pada kulit lantaran adanya kandungan bahan kimia yang tinggi di dalamnya. Tidak usah khawatir, kini Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghindari kulit gosong karena sinar matahari.

Baca Juga :  Peduli Kesehatan Gigi di Usia Senja, RSGM Soelastri Adakan Penyuluhan dan Pemeriksaan

Biasanya kita menggunakan bahan-bahan rumahan seperti tomat, oatmeal, air lemon banyak digunakan dalam kasus ini. Selain itu, pepaya juga masuk dalam daftar yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Melansir laman Boldsky, pepaya matang disebut sebagai obat instan yang sangat baik untuk kulit gosong dan gelap tak merata akibat paparan sinar UV. Pasalnya, buah ini mengandung enzim papain, yang merupakan senyawa menakjubkan untuk menghilangkan efek gosong pada kulit.

Selain itu, pepaya diperkaya dengan vitamin dan nutrisi penting yang dapat memulihkan kesehatan alami kulit. Kandungan dalam papaya, seperti vitamin E, berfungsi sebagai zat penyembuhan dan menenangkan kulit terbakar.

Baca Juga :  Anda yang Gendut, Awas Kanker Ginjal!

Olesan pepaya dapat membantu kulit dari perubahan warna yang tak merata serta mengatasi gatal dan kemerahan. Selain itu, pepaya juga ampuh untuk menangkal tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis yang sering muncul akibat
paparan sinar UV.

Pepaya matang dapat digunakan dengan berbagai cara berbeda. Anda dapat langsung mengaplikasikannya ke kulit atau menggunakannya dalam kombinasi pengobatan rumah
lain, seperti perasan lemon. Berikut dua cara membuat ramuan pepaya untuk kulit tetap sehat.

Baca Juga :  Apa Benar Penderita Diabetes tak Boleh Konsumsi Nasi Putih? Ini Penjelasannya

Cara pertama:
Kupas pepaya matang dan potong beberapa bagian. Hancurkan potongan hingga lembut
seperti pasta. Oleskan ke seluruh area yang terpapar. Pijat perlahan selama
beberapa menit dan biarkan selama 20 menit lalu cuci dengan air untuk hasil instan.

Cara kedua:
Ambil satu sendok makan pasta pepaya dan campur dengan satu sendok teh madu organik dan ½ sendok teh air lemon. Taruh campuran yang dihasilkan dalam blender untuk mendapatkan pasta halus. Oleskan pada area yang terpapar dan pijat perlahan selama beberapa menit. Bilas sampai bersih.

www.tempo.co

Loading...