loading...


Jokowi dan Jack Ma (Instagram @jokowi)

JAKARTA – CEO Alibaba Group Jack Ma menggelar pertemuan dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja di Hotel Ritz Carlton, Jakarta pada Minggu (2/9/2018).

Ada beberapa masalah yang diperbincangkan antara lain pengembangan talenta untuk mengembangkan teknologi internet dan e-commerce di Indonesia. Dalam diskusi itu, Ma dan sejumlah menteri juga membicarakan soal bagaimana mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta anak-anak muda untuk bisa meraih peluang dari perkembangan internet dan pasar digital.

Baca Juga :  Baru Asyik Main Ponsel, Adik Vicky Prasetyo Diamuk 7 Begal Bercelurit

Perbaikan bisnis perdagangan e-commerce antara Indonesia dan China, serta negara lain juga tidak luput dibicarakan bersama bos Alibaba itu. Termasuk, bagaimana mengembangkan teknologi finansial di tanah air, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya anak muda.

“Ini pertemuan yang menarik, kami juga sama-sama bicara tentang 11 November sebagai hari yang penting untuk bisnis e-commerce di Cina. Banyak hal yang bisa ditindaklanjuti terkait meeting ini ke depannya,” kata Ma.

Baca Juga :  Prabowo Dituntut Minta Maaf ke Jurnalis Terkait Pernyataannya

Jack Ma menegaskan bahwa inklusi keuangan menjadi hal yang terpenting dalam mendorong industri 4.0. “Hal terpenting adalah semakin cepat memulai semakin baik.”

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dalam pertemuan itu Jack Ma yakin bahwa masa depan bisnis di Indonesia akan digerakkan oleh UMKM. Sebab, di kawasan Asia tidak banyak usaha besar ketimbang UMKM.

“Karena itu kita disarankan untuk mempersiapkan betul mendorong usaha kecil ini masuk e-commerce, itu yang cocok buat kita,” kata Darmin.

Baca Juga :  Izinnya Sih Berobat, Ternyata Wawan Suami Wali Kota Tangsel Airin Malah Menginap Bersama Teman Wanitanya

www.tempo.co

Loading...