loading...
Loading...

SOLO- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta melaunching aplikasi “SAPA” (Saluran Aspirasi dan Pelayanan Aduan) guna mempercepat pelayanan pengaduan perizinan di Kota Surakarta.

Aplikasi berbasis teknologi ini secara resmi diluncurkan pada Kamis, 30 Agustus 2018 lalu oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surakarta, Toto Amanto.

Dalam rilis ke Joglosemarnews.com, Kasi DPMPTSP Kota Surakarta, Amelia AC mengatakan aplikasi SAPA diwujudkan dalam dua versi, yakni versi website maupun android dan  kini sudah dapat digunakan serta diaplikasikan.

“Diluncurkannya aplikasi ini juga sebagai optimalisasi pelayanan perizinan. Aplikasi ini dapat menampung pengaduan yang praktis, cepat, mudah diakses, responsif dan informatif  berbasis teknologi,”terangnya.

Baca Juga :  KPU Solo Coret 5 WNA dari DPT Pemilu 2019

Imbuh Amelia, aplikasi pengaduan secara online berbasis teknologi informasi ini akan memudahkan pemohon dalam menyampaikan aduannya, sehingga tidak perlu bolak balik ke kantor. Secara detail, pemohon cukup mengirimkan aduannya secara online melalui aplikasi “SAPA”, dengan melengkapi data pendukung. Data pendukung dapat dilampirkan dalam berbagai jenis format file melalui kolom upload file. Adapun pengaduan yang dilayani berupa pengaduan teknis dan administratif.

“Kelebihan lain dalam aplikasi SAPA ini juga dilengkapi fitur tracking progres pelayanan aduan yang memudahkan pemohon untuk melakukan pemantauan tindak lanjut aduan”jelasnya.

Baca Juga :  Cara SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Ajak Siswa Sadar dan Peduli Lingkungan Sekitarnya Surakarta Ajak Siswa Sadar dan Peduli Lingkungan Sekitarnya

Aplikasi SAPA juga dilengkapi interatif chat yang akan memudahkan pengguna berinteraksi dengan admin yang akan merespon dengan cepat setiap pertanyaan atau aduan. Pengguna pun dapat melihat aduan yang masuk dan yang telah diselesaikan pada fitur laporan status aduan. Tertera pula fitur rekap dan grafik aduan yang dapat memberi informasi kepada  masyarakat terkait aduannya.

Dok DPMPTSP Kota Surakarta “Semoga dengan aplikasi pelayanan aduan perizinan “SAPA” ini masyarakat semakin dimudahkan dalam menyampaikan masukan dan aduannya sehingga bermuara pada meningkatnya pelayanan perizinan di DPMPTSP Surakarta pada khusunya dan Pemerintah Kota Surakarta pada umumnya,”pungkas Amelia. #Kiki Dian

Baca Juga :  Fasilitasi Pengisian SPT, Kanwil DJP Jateng II Buka Pojok Pajak di Mall-mall ini  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Loading...