loading...

tribunnews

GUNUNGKIDUL – Betapa terkejut Lasa saat pulang dari penutupan panitia hajatan, Senin (3/9/2018), ia sudah dicegat ular piton 4 meter di depan garasi rumahnya. Akhirnya, kehadiran tamu tak diundang itu dalam sekejap sudah membikin heboh warga Dusun Blimbing, Desa Umbulharjo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul.

Akhirnya, secara beramai-ramai ular itupun ditangkap warga.

“Saya kaget karena di depan garasi rumah ular sudah melintang. Saat itu ular akan naik ke atas tikar yang di rumah,” katanya, Selasa (4/9/2018).

Lasa mengatakan karena keadaan rumah cukup gelap, dirinya mencari senter untuk menerangi.

“Ternyata yang melintang adalah ular piton, ular tersebut terus naik menuju ventilasi jendela rumah,” katanya.

Mengetahui hal tersebut dirinya meminta pertolongan kepada warga sekitar untuk membantu menangkap ular piton.

Loading...

“Warga berusaha menangkap dengan alat sederhana seperti karung, saya tidak takut atau khawatir dengan ularnya tetapi saya mengkhawatirkan penyakit jantung saya kumat,” katanya.

Sementara itu seorang warga yang ikut membantu penangkapan ular, Muryanto mengungkapkan bahwa di desa mereka telah sebanyak tujuh ular puton diamankan warga sejak awal tahun 2018.

“Saat bulan puasa hingga saat ini sudah tiga ular yang ditangkap oleh warga desa sini,” katanya.

Ia menduga bahwa ular yang masuk ke area pemukiman warga dikarenakan ular sudah kehabisan makanan.

“Di daerah sini memang banyak gunung-gunung yang merupakan habitat ular, sepertinya ular-ular ini kehabisan makan dan turun ke area pemukiman warga,” katanya.

Ular tersebut sementara diserahkan ke seorang warga untuk dipelihara jika memang ada yang berminat akan dijual.

Terpisah Panit Sabhara Polsek Ponjong, Iptu Haris Sukadiyono mengatakan agar masyarakat tetap waspada terhadap binatang liar yang memasuki area pemukiman warga.

“Terlebih kejadian penangkapan ular seperti ini bukan yang pertama kali, kami menghimbau jika melihat binatang buas agar melaporkan kepada pihak yang berwajib agar segera ditindak lanjuti,” tutupnya. #tribunnews

Loading...