Beranda Daerah Wonogiri Uang Koin Kuno Seberat 20 Kilo Pernah Ditemukan di Lokasi yang Sama...

Uang Koin Kuno Seberat 20 Kilo Pernah Ditemukan di Lokasi yang Sama di Gunan Slogohimo

201
Uang koin kuno yang ditemukan di Desa Gunan Kecamatan Slogohimo, Wonogiri.
loading...

WONOGIRI-Ternyata beberapa tahun sebelum publik Kota Mete Wonogiri dihebohkan dengan uang koin kuno di Desa Gunan Kecamatan Slogohimo, pernah ditemukan uang serupa di lokasi yang sama.

Bahkan uang koin kuno yang ditemukan jauh sebelumnya, berjumlah lebih banyak. Diperkirakan mencapai ribuan keping dengan berat sekitar 20 kilogram.

Uang tersebut ditemukan di lahan yang sama, yakni milik Sugiono (36) di Dusun Bulak Etan RT 2 RW 4, Desa Gunan, Kecamatan Slogohimo. Kala itu penemu uang adalah ayah Sugiono, Kasto (56).

Kasto, Jumat (7/9/2018), mengatakan, lokasi penemuan pertama hanya berjarak satu meter dengan lokasi penemuan kedua beberapa waktu lalu. Koin itu menurut dia juga sama persis seperti ditemukan anaknya, yakni di tengah koin ada lubang persegi dan di sisinya bertuliskan huruf kanji.

Sementara Sugiono mengatakan, saat itu kali pertama uang ditemukan ayahnya sekitar 2013. Namun yang mengambil bukan ayahnya, tapi tetangganya.

“Saat ini bagaimana nasibnya saya juga tidak tahu. Tapi jumlahnya jauh lebih banyak, wong seukuran karung beras 20-an kilogram,” tandas dia.

Loading...

Sebagaimana diwartakan, Kamis (30/9/2018), ketika ladang jagung tengah dialiri, air meluber dan membuat salah satu pematang longsor. Ketika didekati terelihat benda menyerupai logam menggumpal terbungkus tanah di tebing pematang yang tingginya sekitar satu meter lebih.

Semua koin itu sudah menghijau tertutup korosi. Tidak ada petunjuk tahun pembuatan uang itu. Aris Arianto

Loading...