Ini Jumlah Kendaraan di Wonogiri. Punya Potensi Pajak 85 M, Tapi Nunggak 25 Persen

Ilustrasi | joglosemarnews.com

WONOGIRI-Jumlah kendaraan bermotor di Wonogiri saat ini mencapai tiga ratusan ribu unit. Sementara potensi pajak kendaraan mencapai Rp 85 miliar.

Namun demikian, terdapat pula potensi tunggakan pajak yang juga cukup tinggi. Yakni mencapai 25 persen atau seperempatnya.

Informasi yang dihimpun dari Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) atau Samsat Wonogiri, jumlah kendaraan bermotor mencapai 370.000-an unit. Terdiri dari kendaraan roda dua, empat, dan seterusnya.

“Potensi pajak kendaraan mencapai Rp 85 miliar,” ungkap Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Wonogiri Sri Marjoko, Jumat (26/10/2018).

Dari potensi sebanyak itu, ternyata, jelas dia, tidak semuanya bisa ditarik. Pasalnya masih ada pajak kendaraan yang menunggak. Besarannya mencapai 25 persen dari potensi yang ada.

Terkait hal itu, sejumlah cara telah ditempuh. Misalnya dengan penagihan pajak secara door to door. Dimana petugas mendatangi kediaman wajib pajak untuk mengingatkan kewajibannya.

“Kami juga membuka layanan Samsat Online, samsat keliling. Selain itu membuka gerai di toko modern,” ujar dia.

Adanya program hadiah mobil dan motor di UPPD se-Jateng tahun ini diharapkan bisa pula menarik kesadaran wajib pajak menunaikan kewajibannya. Muaranya tunggakan pajak kendaraan bisa ditekan hingga 15 persen sesuai target. Aris Arianto