JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mulai 2019, Kelurahan-kelurahan Bakal Diguyur Dana dari Pemerintah

   
ilustrasi/tempo.co

JAKARTA – Mulai tahun 2019 nanti, kelurahan-kelurahan di Indonesia, utamanya di perkotaan, bakal digerojog dana pembangunan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bakal mengeluarkan dana tersebut dalam program dana kelurahan.

“Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk kota, akan ada yang namanya anggaran kelurahan,” kata Jokowi dalam siaran tertulis Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Jumat (19/10/2018).

Jokowi mengatakan, kebijakan tersebut dikeluarkan pemerintah karena banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat kelurahan. “Banyak keluhan, Pak, ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota. Ya sudah tahun depan dapat,” kata dia.

Baca Juga :  Ingat Bharada Richard Eliezer di Kasus Ferdy Sambo? Kini Resmi Menikah dan Pindah Agama

Selain dana kelurahan, Jokowi juga akan mengeluarkan kebijakan terkait operasional dana desa yang mengatur penggunaan dan fungsi dana desa sehingga tepat guna dan tepat sasaran. “Sebentar lagi akan kita revisi PP-nya, baru kita hitung-hitung enggak tahu dapat 5 atau 4 persen. Nanti akan kita putuskan,” katanya.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Jokowi berharap para aparatur pemerintahan menjalankan fungsi pengawasannya secara baik sehingga dana desa dan dana kelurahan dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

Baca Juga :  Prabowo-Gibran Ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Upaya DPP PDIP ke PTUN Sia-sia

“Saya minta gubernur, bupati, wali kota, wakil gubernur, wakil bupati, wakil wali kota, semua melihat penggunaan dana desa ini agar tepat sasaran sehingga rakyat betul-betul mendapatkan manfaatnya,” ucapnya.

Terkait dengan dana desa, pemerintah saat ini telah mengalokasikan dana untuk kesejahteraan desa yang semakin meningkat tiap tahun. Pada tahun 2015, dana desa Rp 20 triliun. Nilainya bertambah pada 2016 menjadi Rp 47 triliun. Pada dua tahun terakhir, 2017 dan 2018, Rp 60 triliun. “Tahun depan kurang lebih Rp 70 triliun, menunggu persetujuan Dewan,” ujar Jokowi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com