JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pemkot Gorontalo Studi Banding Sekolah Ramah Anak di SD Marsudirini Solo

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Istri Walikota Gorontalo diapit Ketua dan Wakil Ketua Komite SD Marsudirini Solo serta Kepala Sekolah, Sr M Crescentia OSF SPd/Dok Sekolah

SOLO –  Pemkot Gorontalo, Provinsi Sulawesi Utara melakukan studi banding mengenai sekolah ramah anak ke SD Msrsudirini Solo, Rabu (17/10/2018) pagi.

Rombongan yang terdiri dari berbagai instansi dan dipimpin istri Walikota Gorontalo tersebut  diterima oleh Kepala SD Marsudirini, Sr M Crescentia OSF SPd, jajaran guru dan Komite.

Kedatangan mereka disambut dengan pentas musik kolintang yang dimainkan oleh para siswa SD Marsudirini.

Dalam pertemuan tersebut, sekilas dijelaskan mengenai beberapa program yang dijalankan oleh  Pemkot Gorontalo, di antaranya program Kartusmart, yakni program yang mencakup pendidikan dan kesehatan.

Sementara itu, Kepala SD Marsudirini, Sr M Crescentia OSF SPd menjelaskan, SD Marsudirini Solo telah menjalankan habitus yang  memungkinkan anak merasa nyaman dan dapat bertumbuh secara ideal.

Baca Juga :  Polsek Serengan Solo Gagalkan Pesta Sabu, Pelaku Akan Simpan Sabu di WC Umum

“Salah satu contohnya, seluruh program sekolah harus diketahui oleh orang tua. Dengan begini, yang nyaman bukan hanya anaknya, tapi sekaligus orang tuanya,” ujar Sr Crescentia kepada Joglosemarnews, Rabu (17/10/2018).

Di samping  itu, anak-anak juga harus dibuat nyaman saat menjalani kegiatan belajar mengajar  di sekolah. Misalnya, anak merasa gerah saat belajar di kelas, maka sekolah merasa wajib mengupayakan  AC.

“Begitu pula, karena murid disekolah ini cukup banyak, maka butuh toilet yang jumlah dan kualitasnya memadai,” bebernya.

Baca Juga :  New Normal, UNS Gelar Wisuda Drive Thru, Wisudawan Kendarai Kereta Kuda, Mobil Listrik dan Sepeda Listrik

Di luar masalah infrastruktur tersebut, komunikasi yang efektif sekolah dengan orang tua  murid serta komite sekolah tetap dijalin dengan serasi.

Para tamu juga mengapresiasi hubungan yang baik antara pihak sekolah dengan komite.

Berkat komunikasi  yang efektif tersebut, jelas Suster, SD Marsudirini Solo berhasil meraih kejuaraan dalam lomba sekolah  sehat dan lomba toilet sehat tingkat kota Solo.

Usai menerima penjelasan, para tamu menyaksikan sendiri toilet di SD Marsudirini Solo, sekaligus menyaksikan proses belajar mengajar di dalam kelas.  #suhamdani