JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Setelah 4 Kali Bolak-balik Ditandu ke Bandara Karena Gempa, Ibu Ini Melahirkan Bayi Kembar 3

tempo.co
ย ย ย 
tempo.co

MAKASSAR – ย Di mana ada upaya di situ jalan bakal dilapangkan. Demikian yang dilakoni oleh Zainal Abidin (37), warga Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Berkat usahanya yang gigih, istrinya berhasil melahirkan dengan selamat di antara hiruk pikuk bencana gempa Bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Atina (31), istri Zainal Abidin hamil sembilan bulan saat ย keluarga itu merasakan guncangan gempa yang sangat dahsyat ketika memasuki waktu salat magrib.

โ€œSaya pas salat magrib sudah dua rekaat, tapi tak bisa lanjut karena tak bisa berdiri lagi,โ€ kata Zainal Abidin, Senin malam (1/10/2018).

Karena guncangan sangat kencang, ia pun lari ke luar rumah melalui pintu depan. Sedangkan istrinya keluar lewat pintu samping, lalu memegangi tiang di teras rumah. Ketakutan ada reruntuhan atap rumah, ia segera melepaskan pegangannya sehingga terpental dan betisnya terluka.

โ€œUntung ada sepupu (Hairuddin) yang menangkapnya. Karena dia lagi hamil tua dan terpental sekitar dua meteran,โ€ tutur guru SMK Sigi itu.

Setelah keluar rumah, tutur Zainal, mereka langsung duduk di halaman sembari menunggu guncangan berhenti.

โ€œGuncangan itu sekitar dua menit, saya tak bisa jalan tegak. Jadi saya merangkak ke samping rumah mendekati istri,โ€ ucap dia.

Ia dan tetangganya kemudian mendirikan posko seadanya dan membentangkan tikar selama dua malam di samping rumah. Mereka takut masuk rumah karena khawatir ada gempa susulan. Lantaran kondisi istrinya yang sudah hampir melahirkan, Zainal berinisiatif ke Kota Palu yang berjarak 11 kilometer dari rumahnya.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Zainal mendatangi Rumah Sakit Undata dan Wirabuana. Sebab, sebelum gempa terjadi dokter menganjurkan istrinya harus masuk rumah sakit pada 30 September.

โ€œSaya coba keluar menggunakan sepeda motor Jumat malam untuk cek-cek rumah sakit, ternyata kondisinya tak memungkinkan. Tak ada listrik dan bangunan-bangunan sudah banyak yang roboh,โ€ katanya.

Minggu (30/9/2018), ia mendapat informasi ada pesawat Hercules menuju Makassar untuk mengangkut korban gempa dan tsunami Palu. Zainal bergegas ke Bandara Mutiara Palu untuk mendaftar. Pihak TNIย  meminta Atina dibawa ke Bandara Mutiara untuk diprioritaskan penerbangan pada Senin pagi (1/10/2018).

โ€œJadi Minggu malam saya sudah di bandara dengan jarak tempuh 30 menit dari rumah,โ€ ujarnya.

Karena ada ribuan penumpang yang berdesak-desakan ingin diangkut Hercules, maka penerbangan dibatalkan. Sebab calon penumpang yang sehat pun tak mau mengalah, semua mengepung pesawat. Sehingga, penerbangan yang dijanjikan pukul 07.00 WITA itu diundur menjadi 12.00 WITA. Seluruh penumpang disuruh kembali ke ruang tunggu.

โ€œSaya empat kali bolak-balik tandu istri bersama adik ipar dari ruang tunggu ke pesawat. Jaraknya itu 100 meter,โ€ ujar dia.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

Atina bahkan sempat dilarang dokter pergi ke Makassar karena hamil tua. Alasannya dalam pesawatย  tak memiliki alat persalinan. Namun Zainal meyakinkan bersedia menanggung risiko jika terjadi apa-apa. Atina juga sudah pasrah karena tak tahan diangkut bolak-balik dari ruang tunggu ke pesawat. Apalagi saat diangkut sempat terjadi gempa lagi di bandara.

โ€œOrang sudah lari semua, saya pikir istri saya sudah diinjak sama ribuan orang yang berdesak-desakan,โ€ ujar Zainal.

Setelah lama menunggu akhirnya pukul 14.15 WITA Hercules terbang menuju Makassar. Keluarga yang boleh naik maksimal dua orang saja. Meskipun ia sudah meminta dua pendamping lagi, tapi tetap tak diizinkan.

โ€œJadi di dalam pesawat saya minta istri dikasih baring karena tak bisa duduk lagi,” kata dia.

Sampai di Pangkalan Udara Hasanuddin Makassar, ia dibantu aparat TNI mengangkut Atina ke Rumah Sakit Daya Makassar.ย  Tak lama kemudian Atina melahirkan tiga anak kembar dengan sesar. Yakni pukul 19.11 WITA anak laki-laki dengan panjang 44 centimeter dan perempuan pukul 19.12 WITA dengan panjang 42 centimeter masing-masing berat 2000 gram. Dan terakhir bayi perempuan pukul 19.13 dengan berat 1800 gram dan panjang 40 centimeter.

โ€œIbunya dalam proses pemulihan, alhamdulillah semua sehat,โ€ katanya.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com