loading...
Loading...
Begini penampakan lubang sedalam puluhan meter di Giritontro Wonogiri.

WONOGIRI-Sebuah lubang mendadak muncul di tanah samping rumah warga di Kecamatan Giritontro Wonogiri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga yang berada di sekitar lokasi terpaksa diungsikan.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan, telah terjadi bencana alam tanah amblas di Giritontro. Peristiwa diperkirakan karena patahan batuan di bawah tanah.

“Sehingga membentuk lobang dengan diameter sekitar 1 meter dengan kedalaman sekitar 30 meter dan diperkirakan arah belokan lobang ke bawah bangunan rumah,” kata dia, Jumat (16/11/2018).

Menurut dia, peristiwa kemunculan lubang terjadi Kamis (15/11/2018).
Lokasi kejadian di Dusun Tambak RT 1 RW 2 Desa Tlogosari Kecamatan Giritontro Kab Wonogiri

Baca Juga :  Tak Kenal Hari Libur, Anggota Koramil Percepat Pembangunan RTLH di Karangturi Wonogiri

Lokasi tanah amblas, ujar dia, akibat patahan batuan bawah berada di samping bangunan rumah milik Kemin, warga sekitar. Diperkirakan arah lobang menuju batuan bawah bangunan rumah.

Korban jiwa maupun luka tidak ada dalam kejadian tersebut. Namun bangunan rumah terancam tergerus patahan batuan di bawahnya

Untuk sementara penghuni rumah diungsikan ke tempat keluarga terdekat. Sementara upaya lainnya nengalihkan aliran air agar tidak masuk ke lobang yang dapat memicu percepatan patahan batuan di bawah.
Menutup beberapa rekahan dan lubang yang terbuka agar tidak dilewati aliran air

Baca Juga :  Miris, Rumah Warga Tlogorejo Desa Watangrejo Pracimantoro Wonogiri Terbakar, Diduga Dibakar Anak Kandung

“Melalui surat Bupati untuk kajian tehnis ke PVMG Badan Geologi Bandung, guna langkah mitigasi,” sebut dia. Aris Arianto

Loading...