JOGLOSEMARNEWS.COM Umum TMMD KODIM SRAGEN

Klenyem Pengganjal Perut Saat Mengecor Jalan dan Membuat Embung di Sukorejo

Klenyem Foto: Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Komandan Koramil 6/Gondang Kapten Inf Warisman sedang mengamati pembuatan makanan klenyem, Kamis (1/11/2018).  Foto: Wardoyo

SRAGEN—Selain gethuk dan ubi rebus, ternyata masih ada camilan lainnya yang menemani Satgas TMMD dan warga Sukorejo dalam pembangunan jalan cor dan embung yaitu klenyem. Klenyem merupakan makanan kecil berbahan dasar ubi kayu.

Komandan Koramil 6/Gondang Kapten Inf Warisman melakukan Inspeksi atau pengamatan pembuatan makanan kecil ala TMMD Reguler ke-103 Kodim 0725/Sragen di rumah  Tugiyo Ketua RT di Desa Sukorejo, Sambirejo, Kamis (1/11/2018).

Baca Juga :  Ini 2 Nenek di Sragen Yang Bakal Berbahagia Saat Peringatan HUT RI Nanti. Rumah Reyot Mereka Dijamin Bakal Berubah Jadi Bagus
Klenyem Foto: Wardoyo

Kapten Inf Warisman mengamati pembuatan klenyem, mulai dari pemilihan ubi kayu yang bagus, cara pembersihannya dengan air mengalir hingga proses penggorengan.

Pembuatan klenyem dikerjakan oleh bu Tugiyo dan  tetangga-tetangganya membantu pemarutan ubi kayu, penyiapan bahan bumbu.

Salah seorang warga sedang menggoreng klenyem. Foto: Wardoyo

Kapten Inf Warisman juga mengatakan klenyem  enak dan gurih rasanya, karena bumbunya  pas  dan dimasak   menggunakan kayu bakar.  Menurut Kapten Inf Warisman  menggoreng klenyem menggunakan kayu bakar hasilnya lebih baik dan lebih enak daripada menggunakan kompor minyak tanah atau gas.

Baca Juga :  Enam Personel Kodim Sragen Masuki Masa Pensiun, Lima Personel Datang Bergabung

“Jika memasak dengan kayu bakar harus hati-hati, takutnya terjadi kebaran, karena ini musim kemarau” pungkas Kapten Inf Warisman. Marwantoro S