JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Resmikan UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan KHDTK Gunung Bromo

Humas UNS
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Humas UNS

SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meresmikan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo.

Peresmian dilakukan oleh Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Sigit   Hardwinarto dengan didampingi Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi di kawasan Hutan Bromo Karanganyar, Sabtu (3/11/2018).

“UNS akan mengelola kawasan hutan Gunung Bromo Karanganyar, salah satunya untuk aktifitas kegiatan pendidikan. Tak hanya itu, hutan ini juga menjadi lahan untuk menanam lantaran UNS memiliki program one student five trees yang diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beberapa tahun lalu,” kata Ravik.

Pengelolaan kawasan hutan Gunung Bromo oleh UNS ini berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MLHK) No. 177/MENLHK/SETJEN/PLA.0/4/2018 Tentang KHDTK.

Baca Juga :  Kunjungi Ponpes Budi Utomo, Ketua MUI Jakarta Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

“UNS akan mengelola hutan bromo seluas 122,78 Hektare menurut hitungan hasil SK tersebut,” katanya.

UNS memanfaatkan kawasan hutan Bromo tersebut untuk aktivitas pendidikan, di antaranya untuk kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain Tri Dharma Perguruan Tinggi, kawasan hutan juga akan dikembangkan sebagai wahana wisata serta pengembangan tanaman produksi. “Dan di lokasi ini akan didirikan Fakultas Ilmu Lingkungan dan Kehutanan. Saat ini DED nya sedang dirancang dan rencananya tahun 2019 sudah mulai membuka Prodi S1 Kehutanan,” imbuh Ravik.

Ravik mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas kerjasama ini.

Baca Juga :  Mantab! Polda Jawa Tengah Bekuk 368 Tersangka dari 323 Kasus dalam Operasi Sikat Candi 2020

Sementara itu, Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Sigit Hardwinarto mengatakan semoga kehadiran UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan KHDTK Gunung Bromo ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Ya bisa untuk kegiatan pendidikan maupun pelatihan,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono sangat menyambut baik hadirnya kampus UNS di Karanganyar. Selain dihadiri oleh Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Bupati Karanganyar, acara peresmian UPT pendidikan dan pelatihan kehutanan KHDTK juga dihadiri oleh Setda, DLH, Perhutani KPH Surakarta, LMDH, Camat, Sekwilcam, Kades Gedong dan Kades Delingan. Triawati PP