JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Antisipasi Kebutuhan Jelang Natal, BI DIY Siapkan Dana Rp 2,3 T

Ilustrasi | joglosemarnews.com
Ilustrasi | JOGLOSEMARNEWS.COM

JOGJA –  Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY menyiapkan dana swkitar Rp 2,3 triliun untuk mengantisipasi hari raya Natal dan Tahun baru 2019 khususnya di DIY.

Menurut Assisten Direktur Deputi BI KPw DIY, Probo Sukesi, hal itu dilakukan karena biasanya menjelang hari raya Natal dan akhir tahun, kebutuhan masyarakat akan uang tunai rupiah diprediksi akan meningkat.

Probo mengatakan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi Daerah bersama Bappebti dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Selasa (4/12/2018).

Baca Juga :  Ngaku Sebagai Polisi, Bawor Rampas Uang dan HP Korban dengan Mudah, Tapi Akhirnya Meringkuk di Jeruji Besi

“Jumlah persediaan rupiah di tahun 2018 ini meningkat 37 persen dibanding 2017 yang hanya 1,6 triliun,” katanya di sela acara.

Meningkatnya jumlah persediaan rupiah menjelang natal dan tahun baru ini, lanjut Probo, disebabkan oleh beberapa hal.

Selain masyarakat diprediksi akan berbelanja pada hari raya dan adanya potensi wisatawan yang berkunjung ke DIY, hal lain yang menyebabkan meningkatnya jumlah persediaan yakni karena banyaknya anggaran dan rencana program kerja yang dialokasikan oleh pemerintah maupun swasta yang ada di DIY.

Baca Juga :  Pemkot Yogya Gencarkan Pemutusan Penularan Covid-19, Ini Yang Dilakukan    

Selain itu, Proyek pembangunan bandara NYIA juga berkontribusi meningkatkan jumlah persediaan kebutuhan rupiah khususnya menjelang natal dan akhir tahun.

“Bulan Desember juga memiliki jatah hari libur yang panjang kalau tidak salah tujuh (7) hari, jadi itu juga kita antisipasi,” lanjut Probo. #tribunnews