JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini 7 Nama Calon Anggota LPSK yang Lolos di DPR, Salah Satunya Berasal Dari Kalijambe Sragen

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SOLO-Komisi III DPR RI sudah selesai menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Dari hasil seleksi tersebut, Komisi III menyepakati tujuh nama yang akan menjadi anggota LPSK periode 2018-2023. Salah satu dari tujuh nama tersebut berasal dari Kabupaten Sragen yakni Brigjen Pol Achmadi.

Mantan Direktur Penyidikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini berasal dari Desa Saren, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Sebelumnya yang bersangkutan sudah banyak bertugas di sejumlah tempat, sampai kemudian mengikuti rfit and proper tes sebagai komisioner LPSK.

“Berdasarkan keputusan lobi-lobi, telah disepakati tujuh orang yang terpilih, terlepas dari kekurangan dan kelebihan,” kata Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa. Keputusa itu diambil Komisi III pada rapat di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Baca Juga :  Diduga Gali Lubang dari Kamar, Napi Berhasil Kabur dari Lapas Tangerang

Desmond membeberkan kriteria apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih anggota LPSK yang baru, yaitu kasih sayang komisioner terhadap korban, komisioner harus bisa memberi rasa aman dari gangguan yang membahayakan saksi dan korban, serta harus menunjukkan wajah LPSK sebagai lembaga yang mengontrol penegakan hukum yang tidak benar.

“Sehingga orang yang berlindung di kelembagaan ini merasa terlindungi oleh hukum, itulah wajah yang seharusnya LPSK. Itulah standar kami memilih orang. Dalam konteks yang lain, tentunya punya keberanian dalam catatan khusus,” jelas Desmond.

Desmond berharap anggota LPSK memahami dan serius memantau dampak dari kesaksian yang membahayakan diri saksi dan orang lain. Dia menyebut dibutuhkan orang-orang yang berani untuk melindungi saksi dan korban.

Baca Juga :  Kemenkes: Hingga Kini Ada 1.146 klaster Penyebaran  Covid-19, Mayoritas Klaster Pesantren

“Ke depan kami membutuhkan komisioner yang memahami, yang serius memantau akibat kesaksian orang di lembaga peradilan yang membahayakan dirinya dan orang lain. Berarti dampak kesaksian itu bukan sekadar pelindungan terhadap dirinya, tetapi kemungkinan dari omongan orang,” ujar Desmond.

Ditambahkannya, LPSK juga harus melindungi orang yang disebutkan oleh saksi akibat proses peradilan pidana itu. “Berarti kan ini pekerjaan serius dan memerlukan orang-orang yang berani untuk melindung saksi dan korban,” imbuhnya.(Syahirul)

 

Berikut daftar lengkap tujuh anggota LPSK yang telah lulus uji kepatutan dan kelayakan di DPR:

 

  1. Hasto Atmojo Suroyo
  2. Brigjen Pol Achmadi
  3. Antonius Prijadi Soesilo Wibowo
  4. Edwin Partogi Pasaribu
  5. Livia Istania DF Iskandar
  6. Maneger Nasution
  7. Susilaningtias