JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

“Nganyari” Ruang Baru, Arpusda Kota Surakarta Gelar Sarasehan Perpustakaan

Joglosemarnews/Suhamdani

SOLO –  Kantor Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Kota Surakarta “nganyari” ruang baca dan diskusi di lantai 3, dengan menggelar Sarasehan Perpustakaan Tahun 2018, Jumat (14/12/2018) malam.

Sarasehan yang mengusung tema “Perpustakaan untuk Kesejahteraan” tersebut menghadirkan ratusan tamu undangan dari para pengelola perpustakaan perguruan tinggi, sekolah hingga perpustakaan kampung, akademisi, budayawan,  pemerhati perpustakaan serta beberapa penulis di kota Solo.

Hadir pula menjadi narasumber dalam sarasehan tersebut  Dr Indra Kertati selaku Ketua  Tim Kajian Minat Baca Provinsi Jateng, yang dipandu oleh moderator Dr Muh Rohmadi Mhum.

Baca Juga :  Pemkot Solo Cicil Perbaikan Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20

Dalam kata sambutannya, Kepala Arpusda Kota Surakarta, Dra Sis Ismiyati, MM mengatakan, sarasehan tersebut digelar dengan tujuan selain sebagai ajang silaturahmi Arpusda dengan masyarakat dan pemerintah, juga untuk menggali aspirasi dari luar t erhadap kemajuan perpustakaan di Kota Surakarta tersebut.

“Sebenarnya sarasehan seperti ini sudah rutin digelar, dan ini sudah yang ke empat kalinya,” ujar Sis Ismiyati.

Sementara dalam sambutannya, Walikota Surakarta  yang diwakili oleh Sekda, Untara mengatakan  perpustakaan menjadi sarana untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itu, Walikota berharap perpustakaan dapat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga Solo guna membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Baca Juga :  Muncul Klaster Ulang Tahun, Rekor Jumlah Positif Covid-19 di Solo Tembus 601 Kasus

“Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, maka perpustakaan menjadi signifikan sebagai agen perubahan. Karena itu, perpustakaan harus lebih mudah diakses agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,”   ujarnya.

Acara  tersebut juga dirangkai dengan penyerahan hadiah dalam berbagai lomba, yakni lomba penulisan artikel kategori umum, lomba geguritan kategori siswa siswi SD dan ibu-ibu, lomba mendongeng kategori siswa siswi SMP serta lomba macapat kategori Lansia.  #Suhamdani