JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Rintis Tim Saber Sampah, Kalapas dan Kapolres Sragen Kompak Blusukan Bagi Tong Sampah Gratis ke Sekolah

Kalapas Sragen, Yosef Yembise (kanan) bersama Kapolres AKBP Yimmy Kurniawan saat memasang tempat sampah gratis di SDN 15 Sragen, Selasa (11/12/2018). Foto/Wardoyo
Kalapas Sragen, Yosef Yembise (kanan) bersama Kapolres AKBP Yimmy Kurniawan saat memasang tempat sampah gratis di SDN 15 Sragen, Selasa (11/12/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- Gagasan unik muncul dari sinergitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sragen dan Polres setempat. Dua institusi itu merintis sebuah program bernama Saber Sampah yang kependekan dari Sapu Bersih Sampah.

Sebagai realisasi, Selasa (11/12/2018) pagi, dua pucuk pimpinan kedua institusi itu terjun langsung membagi dan memasang tong sampah gratis ke sekolah. Salah satunya di SDN 15 Sragen yang berlokasi di depan Rumdin Bupati Sragen.

Ada dua set tempat sampah yang masing-masing berisi tiga tong organik dan anorganik. Menariknya tempat sampah yang dibagikan ternyata hasil karya warga binaan Lapas Sragen.

Baca Juga :  Awas, Ini 10 Potensi Kerawanan di Pilkada Sragen Yang Wajib Diwaspadai. Salah Satunya Kampanye Ajakan Golput, Polres Siagakan 785 Personel Amankan Saat Coblosan

” Hari ini misi kita bersama Polres untuk merintis Tim Saber Sampah kita wujudkan dengan membantu tempat sampah sekaligus kita pasang di sekolah SDN 15 Sragen,” papar Kalapas Sragen, Yosef Benyamin Yembise.

Penyerahan dan pemasangan tempat sampah dilakukan bersama Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan didampingi Kasek SDN 15 Sragen.

Yosef menjelaskan bantuan tempat sampah gratis itu diberikan sebagai wujud dukungan dan kepedulian Lapas terhadap program Sragen yang mengusung slogan Aman Sehat Rapi Indah (ASRI). Bantuan tempat sampah gratis itu akan terus berkelanjutan dan disebar ke tempat fasilitas-fasilitas umum seperti sekolah, masjid, tempat ruang publik dan lainnya.

Baca Juga :  Kabar Baik, Semua Relawan Satgas Covid-19 di Sragen Dapat Insentif Total Rp 2,143 Miliar. Sudah Cair ke Rekening Desa, Bupati Minta Minggu Ini Harus Didistribusikan!
Foto/Wardoyo

Diharapkan dengan bantuan tempat sampah itu, bisa membantu membudayakan masyarakat Sragen untuk tertib membuang sampah.

“Untuk masyarakat yang mau beli tempat sampah di Lapas boleh, tapi khusus untuk fasilitas publik kita gratiskan,” terang Yosef.

Foto/Wardoyo

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan kepada wartawan mengapresiasi inisiatif Lapas menggandeng Polres untuk menggencarkan program Saber Sampah. Pihaknya juga siap mendukung kegiatan dan program positif di Kabupaten Sragen.

“Polres siap bersinergi untuk mendukung program peningkatan kebersihan lingkungan bersama dengan Lapas Sragen,” tandasnya. Wardoyo