JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bawaslu Sebut, Jokowi Sering Bawa  Jan Ethes Tak Masuk Unsur Kampanye

Tempo.co

JAKARTA – Keakraban calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dengan sang cucu, Jan Ethes dan sering menjadi viral di media sosial, tidak termasuk dalam unsur kampanye.

Hal itu ditegaskan oleh anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ratna Dewi Pettalolo.  Dia mengatakan, apa yang sering dilakukan Jokowi dengan cucunya itu tidak melanggar aturan kampanye dalam konten media sosisal.

“Dari gambar saya tidak melihat ada unsur kampanye,” ujar Ratna melalui pesan singkat Minggu (27/1/2019).

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Penasehat Badan Pemenangan Nasional Prabowo – Sandiaga, Hidayat Nur Wahid mempertanyakan tentang pelibatan Jan Ethes dalam kampanye Jokowi. Menurut dia, hal itu bisa jadi legitimasi pelibatan anak-anak dalam kampanye.

Baca Juga :  Dianggap Bikin Gaduh Lewat Unggahan, Pengamat: Presiden Perlu Copot Fadjroel Rachman

“Ini Jan Ethes yang pernah sebut @Jokowi, kakeknya sebagai ‘Artis’ ya? Tapi bagaimana kalau ini jadi legitimasi pelibatan anak-anak dalam kampanye,” tulis Hidayat dalam akun Twitternya @hnurwahid, Sabtu (26/1/ 2019).

Cuitan Hidayat Nur Wahid ini juga menanggapi berita yang menyebut tim kampanye Jokowi mengklaim Jokowi lebih unggul dari Prabowo dalam pertarungan di media sosial.

Ketua Tim Cakra 19, salah satu tim bayangan pemenangan Jokowi, Andi Widjajanto mengatakan Jan Ethes menjadi salah satu magnet kuat yang kerap menuai simpati di media sosial.

Baca Juga :  Jadikan Hotel Ruang Karantina Mandiri Pasien OTG, Kemenparekraf Anggarkan Dana Rp100 M. Pasien akan Diisolasi 14 Hari di Hotel Bintang Tiga, Dapat Fasilitas Makan hingga Laundry

Andi menuturkan ada dua kekuatan tim yang bermain di media sosial, yakni mampu bermain politik serius, tapi juga mampu main politik ‘receh’.

“Kami bisa main serius dengan data-data, tapi kami juga bisa memviralkan Jan Ethes,” ujar Andi. “Kami punya Jan Ethes yang benar-benar mereka (kubu Prabowo) enggak punya.”

Ratna menuturkan, tak ada unsur kampanye yang terlihat dari pelibatan Jan Ethes ini. Menurut dia, unsur kampanye dalam konten yang melibatkan Jan Ethes itu tak terpenuhi. #tempo.co