JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KPU Sudah Hapus Kisi-kisi di Debat Capres Kedua, Kubu Prabowo Inginnya Tarung Bebas

debat
Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA– Kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyampaikan bahwa debat Capres tahap kedua tanpa kisi-kisi, namun tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo -Sandiaga mengusulkan untuk menggunakan format free fight atau tarung bebas.

Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso mengatakan format tarung bebas artinya debat lebih natural, tidak kaku dan tanpa kisi-kisi.

Menurut Priyo ide itu muncul setelah mendapat masukan pascadebat Kamis pekan lalu. Dia berujar usul itu telah disampaikan kepada KPU dalam rapat persiapan debat kedua.

“Karena ini head to head Pak Prabowo dan Pak Jokowi, kami memimpikan beliau berdua bisa mengeksplorasi gagasan-gagasan besarnya,” kata Priyo di Media Center Prabowo-Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Baca Juga :  Indonesia Terlibat dalam Pengembangan 9 Calon Vaksin Covid-19, Ada yang Buatan Dalam Negeri hingga Kerja Sama dengan Negara Lain. Ini Daftar Lengkapnya

Priyo beralasan format debat terbuka itu akan lebih memungkinkan kedua calon berdebat dan adu gagasan secara terbuka. Dia menilai ide-ide yang muncul pun bisa lebih orisinal dari kedua kandidat.

Selain itu, Priyo berpandangan format ini menghindari kejadian seperti debat pertama di mana salah satu calon tertangkap kamera memegang kertas contekan. Priyo mengklaim kubunya ingin menghindari adanya perundungan dari publik terhadap adegan-adegan semacam ini.

“Kami kan juga tidak enak hati,” ujarnya.

Baca Juga :  Pegawai KPU Bekerja dari Rumah Lantaran Ketuanya Positif Covid-19

Priyo mengimbuhkan kendati menggunakan format tarung bebas, debat harus tetap dalam koridor aturan. Dia berpendapat peran moderator menjadi amat penting untuk mengendalikan jalannya debat capres kedua ini.

Debat capres kedua pemilihan presiden 2019 akan digelar pada 17 Februari 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta. Debat yang mengangkat tema sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan, dan infrastruktur ini hanya diikuti oleh calon presiden.

KPU memutuskan untuk tak lagi memberikan kisi-kisi kepada para kandidat di debat capres kedua ini.

www.tempo.co