JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Moderator Debat Capres Kedua bagi Kubu Jokowi: Karni Ilyas No, Najwa Shihab Yes!

debat
Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA – Siapa moderator debat Capres tahap kedua, masih  menjadi tarik ulur dan pembahasan. Ada dua nama yang disebut-sebut, yani Karni Ilyas dan Najwa Shihab.

Terkait dengan dua nama itu, Koordinator Tim Debat Jokowi – Ma’ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan, timnya setuju presenter Najwa Shihab menjadi moderator debat capres kedua. Menurut dia moderator harus atraktif dan menarik.

“Bayangan saya, kalau Najwa jadi moderator itu pasti asyik,” ujar Karding di Hotel Grand Sahid, Jakarta pada Rabu  (23/1/2019).

Karni Ilyas dinilai tidak tepat menjadi moderator debat. Karni dianggap sudah terlalu senior sehingga dianjurkan memilih yang muda dan obyektif.

Baca Juga :  Kabar Buruk, Menkeu Sri Mulyani Prediksi Indonesia Resmi Alami Resesi pada Akhir September, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2020 Masih Negatif

“ILC-nya memang enggak terlalu obyektif tapi kalau Pak Karni sih mungkin obyektif,” ujar Karding sambil tertawa.

TKN Jokowi – Ma’ruf menyerahkan semua keputusan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) meski juga menawarkan kriteria. KPU menjelaskan beberapa nama moderator muncul atas usulan media penyelenggara debat, bersama-sama dengan nama jurnalis dan pembawa berita ternama, di antaranya Karni Ilyas, Najwa Shihab, dan Tommy Tjokro.

Moderator dalam debat kandidat dinilai sangat penting dalam membangun suasana debat. Dalam debat pertama pada 17 Januari 2019, banyak kritik yang ditujukan kepada KPU, karena debat dinilai kurang menarik.

Baca Juga :  Pidato Sidang Umum PBB: Presiden Jokowi Tegaskan Setiap Negara Berhak untuk Akses Vaksin Covid-19, Sebut Vaksin Jadi Game Changer Perang Global Melawan Pandemi

Salah satu yang dikritik adalah karena moderator yang dianggap terlalu kaku. Kedua kubu berharap, debat kandidat selanjutnya berlangsung lebih dinamis dan rileks.

Debat capres kedua bertema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup diselenggarakan pada 17 Februari 2019. Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

www.tempo.co