JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

15.932 Kotak Suara Pemilu di Karanganyar Mulai Dirakit. Akan Disebar di 3.149 TPS 

Perakitan kotak suara di Karanganyar. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Perakitan kotak suara di Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, mulai merakit kotak suara yang akan digunakan untuk pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presdien (pilpres) yang akan  digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Perakitan kotak suara tersebut, mendapat pengawasan dari Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Karanganyar.

Ketua KPU Karanganyar, Devita Wahyuningtyas mengatakan, perakitan diperkirakan akan selesai dalam dua minggu ke depan. Pasalnya, menurut Devita, jumlah kotak suara yang dirakit sebanyak 15.932.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 Karanganyar Ternyata Sudah Tembus 174. Sebanyak 67 Pasien Dirawat, 134 Sembuh dan 42 Meninggal Dunia

“ Sudah mulai kita rakit. Perakitan kita lakukan di gedung oleh raga  Kelurahan Cangakan. Kami perkirakan, perakitan akan selesai dalam dua minggu ke depan,” kata Devita, Senin (04/02/2019).

Kotak suara yang telah dirakit tersebut,akan digunakan di 3.149 tempat pemungutan suara (TPS). Dimana masing-masing TPS akan mendapatan 5 kotak suara. Pendistribusian kotak suara tersebut, akan dilakukan dua hari menjelang pemungutan suara.

Ia menjelaskan, kotak suara yang dirakit tetap akan mendapatkan perhatian penuh dari KPU. Pihaknya telah menyiapkan alas dari papan dan juga terpal untuk melindungi bagian atas kotak suara tersebut.

Baca Juga :  Rawan Bikin Gaduh dan Saling Lapor, Karanganyar Ogah Terapkan Sanksi Potong Gaji PNS Pelanggar Protokol Kesehatan. Bupati Yuli: Kasihan Kalau Gaji Mereka Dipotong!

Untuk pengamanan, KPU bekerja sama dengan pihak kepolisian, selain menyiagakan petugas keamanan sendiri. Pengamanan sudah mulai dilakukan sejak logistik di droping ke gudang, termasuk saat perakitan kotak suara.

“Jadi SOP perlindungannya tetap dijalankan. Kami usahakan tetap akan terlindungi. Kita akan melakukan pengecekan kondisinya  setiap minggu,” tandasnya. Wardoyo