JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kasus Kebakaran Misterius Sejumlah Warung dan Pabrik di Karanganyar. Kapolres Tegaskan Belum Pasti Teror Pembakaran! 

AKBP Catur Gatot Efendi. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
AKBP Catur Gatot Efendi. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Insiden kebakaran misterius yang melanda dua warung, satu pabrik dan satu kendaraan bermotor di tiga lokasi terpisah, Rabu (6/2/2019) dinihari membuat Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi angkat bicara.

Ia menegaskan saat ini kasus tersebut masih dalam penanganan tim Puslabfor Polda. Sehingga pihaknya meminta agar masyarakat tak buru-buru menyimpulkan atau membuat opini bahwa kasus itu sebagai bentuk teror pembakaran oleh oknum.

“Kita enggak berani menyimpulkan itu teror. Karena kita juga nggak punya wewenang untuk itu karena kita bukan ahlinya. Saat ini tim Labfor sedang bekerja menyelidiki. Beri waktu untuk penanganan dulu,” paparnya kepada Joglosemar, Kamis (7/2/2019).

Pucuk pimpinan di Polres Karanganyar itu mengimbau masyarakat tak terlalu cepat menyimpulkan insiden kebakaran di tiga lokasi itu, sebagai aksi teror. Ia meminta semua pihak bersabar dan tetap tenang menyikapi keadaan sembari tetap melakukan antisipasi dan kewaspadaan.

Baca Juga :  Satu Polisi Asal Sragen Dilaporkan Positif Terpapar Covid-19. Bertugas di Kantor Samsat Karanganyar

Polres juga masih menunggu hasil resmi dari Tim Labfor yang menangani kasus tersebut. Kapolres juga menyebut Kamis (7/2/2019) tadi, tim sudah terjun melakukan olah TKP dan mengamankan sejumlah barang bukti dari tiga lokasi tempat usaha yang ditemukan terbakar secara beruntun dinihari kemarin.

Sementara, Kapolsek Karangpandan AKP Ibariyadi mengungkapkan setelah menerima laporan, Rabu (6/2/2019) dinihari, pihaknya dan tim Reskrim Polres langsung bergerak melakukan olah TKP.

Menurutnya saat ini kasus kebakaran misterius dan beruntun itu, masih dalam penyelidikan.

“Ini masih lidik Belum diketahui penyebab kebakaran itu maupun kemungkinan disengaja,” paparnya kepada wartawan Rabu (6/2/2019).

Ia mengatakan saat ini tim Polres masih melakukan pendalaman dengan meminta keterangan dari para saksi maupun pemilik warung. Namun diakuinya, kejadian terbakar dan pemicunya memang agak minim saksi.

Hal itu dikarenakan kejadian berlangsung dinihari dan lokasinya sepi serta tanpa saksi.

Baca Juga :  Rawan Bikin Gaduh dan Saling Lapor, Karanganyar Ogah Terapkan Sanksi Potong Gaji PNS Pelanggar Protokol Kesehatan. Bupati Yuli: Kasihan Kalau Gaji Mereka Dipotong!

“Kerugian belum tuntas menghitung. Kemungkinan kisaran jutaan rupiah,” kata Kapolsek Karangpandan, AKP Ibariyadi.

Seperti diberitakan, teror pembakaran misterius ditengarai mulai melanda wilayah Karanganyar. Ini menyusul kebakaran beberapa warung di sejumlah wilayah Karanganyar Rabu (6/2/2019) dinihari.

Rentetan pembakaran yang diduga dilakukan secara sengaja itu terjadi di tiga lokasi. Yakni dua warung di wilayah Kecamatan Karangpandan dan satunya lagi di wilayah Kecamatan Karanganyar Kota.

Data yang dihimpun di lapangan, tiga lokasi yang terbakar misterius itu adalah warung soto milik warga Ngunut Rt 02/Rw I Desa Tohkuning, Ngadiyem. Lalu pabrik batako milik Paryono (48) warga Ngringin Rt 02/Rw XI Desa Bangsri, Karangpandan.

Insiden serupa juga merembet ke Karanganyar Kota. Warung angkringan  milik Ngadinem (70) di RT 01/Rw X Kelurahan Gayamdompo, Karanganyar Kota juga dilaporkan hangus terbakar padahal tak ada tanda korsleting atau api tungku. Wardoyo