JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Perang Halinar di Lapas Sragen, Tim Khusus Dikerahkan Geledah Kamar 519 Napi. Petugas Temukan Gulungan Barang Ini di Atas Plafon! 

Kalapas Sragen, Yosef Benyamin Yembise saat memimpin pengecekan instalasi listrik dan antisipasi Halinar di kamar napi. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kalapas Sragen, Yosef Benyamin Yembise saat memimpin pengecekan instalasi listrik dan antisipasi Halinar di kamar napi. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim khusus Satgas Lapas Sragen melakukan pemeriksaan mendadak terhadap semua kamar napi di semua blok. Hasilnya petugas terkejut menemukan sejumlah gulungan kabel listrik yang disembunyikan di atas plafon.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , pemeriksaan dilakukan Kamis (13/2/2019). Sejumlah petugas langsung menggeledah semua kamar yang dihuni 519 napi.

Tidak ada temuan barang terlarang di dalam kamar napi. Narkoba, HP dan barang terlarang nihil ditemukan.

Namun saat menggeledah ke atas plafon, petugas terkejut dengan penemuan gulungan kabel listrik yang ditemukan sudah usang.

Baca Juga :  13 Bandar dan Pengedar Narkoba Sragen Dilumpuhkan, Ribuan Butir Pil dan Sabu Diamankan. Kapolres Ingatkan Fenomena Warga di Kampung-Kampung Sudah Mulai Minati Narkoba!

Beberapa gulungan kabel usang itu pun langsung diamankan. Penggeledahan dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas II A Sragen, Yosef Benyamin Yembise.

Kalapas mengatakan penggeledahan dan pemeriksaan itu digelar secara dadakan. Selain menyasar barang terlarang, pemeriksaan juga dilakukan terhadap semua instalasi jaringan listrik yang ada di semua kamar napi.

“Untuk temuan HP, narkoba dan barang terlarang sudah tidak ada. Tadi memang sempat ditemukan gulungan kabel yang sudah usang di atas plafon. Sudah kita amankan, itu ternyata barang-barang peninggalan lama,” papar Kalapas, Sabtu (16/2/2019).

Baca Juga :  Terus Meningkat, 4 Warga Sragen Kembali Positif Terpapar Covid-19 Hari Ini, Suspek Bertambah 5 Orang. Total Sudah 82 Kasus Positif, 487 Warga Jalani Isolasi Mandiri

Kalapas kelahiran Papua itu menguraikan pemeriksaan kamar dan blok napi itu merupakan kegiatan rutin dalam rangka pencegahan dan pemberantasan halinar (HP, pungli dan narkoba) di internal kamar napi.

Sementara pengecekan instalasi listrik di semua kamar napi, dimaksudkan untuk mencegah adanya penyalahgunaan dan kerusakan instalasi atau kabel kedaluwarsa yang bisa berdampak fatal, seperti kebakaran dan lainnya.

“Kegiatan pengecekan dan pemeriksaan ini akan terus kita gelar. Ini merupakan wujud konsistensi kami untuk menjaga integritas Lapas Sragen menuju zona WBK dan WBBM,” tandas Yosef. Wardoyo