JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kemeriahan Peringatan Hari Kartini di SMK Citra Medika Sragen. Tampilkan Aneka Kreasi dan Budaya Lokal, Tapi Tak Lupa Berbagi Sosial 

Para pemenang lomba fashion show busana jawa Peringatan Hari Kartini di SMK Citra Medika Sragen. Foto/Wardoyo
   
Para pemenang lomba fashion show busana jawa Peringatan Hari Kartini di SMK Citra Medika Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  momentum peringatan Hari Kartini mendapat atensi tersendiri oleh SMK Citra Medika Sragen. Untuk menggelorakan semangat Kartini, SMK kesehatan ternama di Sragen itu menggelar event akbar berupa festival budaya pada Sabtu (20/4/2019) lalu. Mengusung tema “Tumbuhkan Perdamaian, Hormati Perbedaan, Pancarkan Sinar Penyongsong Masa Depan”, SMK Citra Medika Sragen menghadirkan beragam kemeriahan.

Ratusan siswa-siswi diajak untuk menjadi generasi kartini milenial yang siap bersaing di era revolusi industri 4.0 dengan tetap melestarikan budaya daerah.

Tak hanya ajang menampilkan kreativitas, event itu juga kental mengangkat budaya daerah melalui beragam perlombaan.

Ada lomba nembang Jawa, fashion show busana adat daerah, lomba menghias tumpeng, lomba pensi, dan lomba bazar produk inovatif hingga kuliner yang menonjolkan kearifan lokal.

Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto, mengungkapkan peringatan Hari Kartini tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Namun tak hanya seputar kemeriahan perayaan saja, namun peringatan itu merupakan bentuk pelestarian budaya daerah melalui beragam kegiatan dan perlombaan.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

“Seperti nembang jawa, fashion show baju adat daerah, menghias tumpeng, dan lomba pensi. Selain itu, siswa-siswi juga berkesempatan untuk berkreasi dalam menonjolkan berbagai kuliner dan produk kreatif di daerah tempat tinggalnya masing-masing melalui lomba bazar produk kreatif,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Bakti sosial penyaluran sembako. Foto/Wardoyo

Tidak hanya menggelar festival budaya yang meriah, peringatan Hari Kartini di SMK Citra Medika Sragen juga dimeriahkan dengan bakti sosial. Yakni membagikan sembako gratis dan cek kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Lantas dengan menggandeng PMI, PMR SMK Citra Medika Sragen juga mengadakan aksi donor darah. Kegiatan ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat sekitar. Salah satu warga, Sulastri asal Kampung Bagan, Nglorog, Sragen mengaku senang bisa mendapat sembako dan cek kesehatan gratis di SMK Citra Medika.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

“Alhamdulillah, SMK Citra Medika Sragen mengadakan kegiatan bagi-bagi sembako gratis dan cek kesehatan gratis. Menurut saya, kegiatan ini sangat bagus. Apalagi bisa membantu masyarakat kurang mampu. Kebetulan rumah saya dekat dengan sekolah, jadi saya bisa sekalian mengajak ibu mertua saya yang sudah tua untuk cek kesehatan gratis,” imbuhnya.

Donor darah. Foto/Wardoyo

Di penghujung acara, ada penampilan dari bintang tamu Allegro Sanaparane, band daerah yang mengusung musik bergenre ethnic ensamble.

Acara semakin meriah dengan pembagian doorprize dan hadiah bagi para pemenang lomba. Kemeriahan festival juga dirasakan oleh Liana Putri, siswi kelas XI Keperawatan.

“Acaranya meriah banget. Bintang tamunya juga sangat menghibur. Apalagi banyak lomba yang melibatkan bapak dan ibu guru, jadinya menarik sekali, seperti lomba tumpeng bakso dan fashion show baju adat daerah. Pokoknya acara Hari Kartini tahun ini cukup meriah. Semoga SMK Citra Medika Sragen semakin sukses ke depannya,” imbuhnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com