JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

10.000 Kendaraan Pemudik Mulai Masuk Solo, Puncak Arus Mudik Diprediksi Malam Ini

Ilustrasi/tempo.co
Ilustrasi/tempo.co

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sedikitnya 10.000 kendaraan pemudik mulai memasuki wilayah Solo pada H-4, Sabtu (1/6/2019). Kendati demikian, arus lalu lintas pemudik yang memasuki wilayah Solo dan Karanganyar, masih terpantau  ramai lancar.

Arus para pemudik yang melintas melalui pintu tol Ngasem kecamatan Colomadu, meski mengalami peningkatan, tidak mengalami kemacetan.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan puncak arus mudik, diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan. Untuk mengantisipasi puncak arus mudik, kapolres menyatakan, akan mengoptimalkan seluruh personil dalam membantu kelancaran arus lalu lintas para pemudik.

Baca Juga :  Waspada, Pandemi Covid-19 Jadi Waktu Emas Pelaku Peredaran Narkoba. Tawarkan Narkoba Pakai Media Ini, Tim P4GN Karanganyar Mulai Gerilya ke 177 Desa!

“Sampai saat ini, meski ada peningkatan, arus lalu lintas masih normal, ramai  lancar,” terang Kapolres kepada wartawan saat mengecek di pintu tol Ngasem, Colomadu, Sabtu (1/6/2019).

Berbagai persiapan teah dilakukan untuk mengamankan arus mudik tahun 2019 ini, dianataranya dengan mendirikan pos- pos pengamanan yang bersinergai dengan berbagai instansi.

“Mengantisiasi puncak arus mudik, kita akan mengoptimalkan seluruh anggota dibantu aparat dari TNI, serta instansi terkait lainnya. Kita tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas. Rekayasa baru kita lakukan, jika terjadi kepadatan,” ujar Kapolres.

Meski puncak kepadatan kendaraan diperkirakan baru akan terjadi Sabtu (1/6/2019) malam nanti. Namun saat ini jumlah kendaraan yang keluar dari pintu tol Ngasem ini sudah terpantau 10.000 kendaraan atau mengalami kenaikan 5 sampai 10 persen.

Baca Juga :  Ogah Bayar Denda, Pengendara Motor di Karanganyar Ini Pilih Ngos-Ngosan Push Up 20 Kali. Puluhan Warga Terjaring dan Terpaksa Bayar Denda Rp 20.000an

“Hari ini terakhir ASN yang masuk. Mungkin setelah mereka pulang kerja sore nanti, para ASN ini langsung mudik lebaran,” terangnya.

Pihaknya juga menghimbau bila pemudik merasa lelah, segera beristirahat di rest area yang sudah disediakan. Di sejumlah titik, baik di dalam jalan tol maupun pintu keluar tol sudah kami dirikan posko terpadu TNI-Polri. Wardoyo