JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kawanan Kera Ganas Serbu Kampung, Polisi Minta Warga Hati-hati dan Tak Mendekat! 

Ilustrasi kawanan kera
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi kawanan kera

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Aparat kepolisian mengimbau warga di lereng lawu waspada. Imbauan dilontarkan menyusul kemunculan kawanan kera ganas yang mulai turun menyerbu kampung untuk mencari sumber pangan milik warga.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, melalui Kapolsek Ngargoyoso, AKP Apin Sunu mengatakan telah menerima laporan dari warga terkait serangan kera yang mulai turun ke kampung itu.

Terhadap serangan kera ini, pihaknya bersama jajaran pemerintah kecamatan dan perangkat desa, melakukan pemantauan. Pihaknya meminta warga untuk tidak mendekat jika ada kera yang masuk ke kebun.

“ Kita memang menerima laporan jika ada sekawan kera yang merusak tanaman warga. Meski tidak banyak, serangan ini membuat warga was-was. Untuk mengantisipasi serangan selanjutnya, kami dari Polsek serta jajaran pemerintah kecamatan dan para perangkat desa, akan melakukan pemantauan,” paparnya Sabtu (22/6/2019).

Baca Juga :  Kubu Kontra Kongres PSSI Karanganyar Datangi Kubu Pelaksana Kongres, Pertanyakan Keabsahan Pelaksana Tugas

Pihaknya juga mengingatkan, agar warga tidak mendekat jika ada kera yang masuk ke kebun.

“Karena kera liar ini cukup ganas. Jika melihat ada kera, segera laporkan,” tandasnya.

Sebelumnya, sekawanan kera ganas membuat resah warga karena menyerang tanaman warga yang berada di sejumlah dusun di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Mereka mengamuk dan menyasar kebun milik warga untuk mencari makan.

Kebun sayur warga yang diserang kawanan kera ini berada di di Dusun Tlobo, Dusun Melikan, Dusun Tanggal, Dusun Ngargoyoso serta Dusun Candi.

Baca Juga :  Kemelut Jelang Konggres PSSI Karanganyar, Ketua Perkumpulan Aparatur Desa Karanganyar Serukan Gegeran Harus Dihentikan. Sebut Polemik Bikin Malu Karanganyar!

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM melalui tim relawan Karanganyar Emergency, kawanan kera liar tersebut, menyerang tanaman warga berupa sayuran dan buah-buahan. Akibat serangan ini, para petani mengalami kerugian yang cukup besar.

“ Serangan binatang kera kera tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa hari  yang lalu. Yang diserang adalah  segala jenis tanaman dan buah-buahan,” ujar wakil komandan Karanganyar Emergency, Maryono, Kamis (20/06/2019).

Menurut Maryono, penyebab serangan kera  yang  turun dari hutan belantara gunung Lawu, karena diperkirakan populasi makanan saat musim kemarau ini  tidak ada. Wardoyo