loading...
Tim patroli dari Satpol PP Karanganyar saat memberikan pengarahan dan menegur sejumlah remaja yang nongkrong di trotoar Karanganyar Kota, tadi malam. Upaya patroli rutin diharapkan menekan perilaku negatif pesta miras dan aksi negatif lainnya. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga Karanganyar kota diresahkan dengan aksi pesta miras dan aksi kebut-kebutan liar yang kerap dilakukan para remaja di sekitar wilayah kota. Tak hanya melibatkan puluhan remaja, keresahan juga dilontarkan lantaran pemandangan itu hampir dijumpai setiap malam dan akhir pekan.

Keresahan salah satunya diungkapkan oleh Parno, tokoh masyarakat Papahan, Karanganyar Kota. Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia mengeluhkan aksi nongkrong sejumlah pemuda yang tiap malam terlihat di sejumlah titik trotoar sepanjang jalur di Karanganyar Kota.

Tak hanya nongkrong hingga larut, mereka juga sering pesta mabuk-mabukan. Hal itu dinilai sangat meresahkan warga dan menggangu kenyamanan lingkungan.

“Hampir tiap malam banyak anak-anak mabuk-mabukan dampai larut. Kadang suara knalpot brong dan kebut-kebutan juga. Warga memang resah karena itu sangat mengganggu,” paparnya Selasa (11/6/2019).

Ia menyebut beberapa lokasi yang sering dijadikan ajang pesta miras anak muda itu di sekitar timur Bangjo Papahan, di trotoar sebelah selatan jalan dan di sepanjang trotoar dan di depan Dealer Kondang Motor.

Baca Juga :  Cerita Perayaan Nyepi Umat Hindu Lereng Lawu Karanganyar di Tengah Waspada Corona Virus. Pura Pun Tak Ada Umat Bermeditasi, Tapi Umat Agama Lain Junjung Toleransi

“Ditambah lagi aksi dan suara knalpot brong silih berganti, sangat mengganggu warga yang ingin istirahat Mas. Kalau malam Minggu dan tanggal merah semakin jadi dan marak,” tuturnya.

Mewakili warga, ia sangat berharap peran aparat terkait baik Satpol PP maupun kepolisian agar menertibkan ulan para remaja dan anak muda yang sering pesta miras dan aksi knalpot brong.

“Harapan warga bisa merasakan suasana tenang kalau malam hari. Sehingga bisa istirahat dengan nyaman,” timpal Andi, warga lainnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulato menyampaikan akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. Namun ia mengatakan upaya penindakan dan pencegahan sebenarnya sudah dan terus digencarkan dengan menerjunkan tim patroli setiap malam.

“Sudah kami lakukan. Hampir setiap malam tim kita terjunkan menyisir dan patroli di sepanjang trotoar wilayah Kota, termasuk di Papahan. Setiap malam tiga kali patroli untuk memastikan tidak ada aktivitas nongkrong dan miras. Kalau sudah jam 24.00 WIB ada anak-anak muda nongkrong, pasti kita bubarkan. Ini rutin dan terus kita lakukan,” terangnya.

Baca Juga :  Data Terbaru Corona Karanganyar, Jumlah ODP Tambah 506 Orang Jadi 751 Orang. Jumlah PDP Turun Jadi 14 Orang, 5 PDP Dinyatakan Sembuh

Ia menambahkan pihaknya juga tak menutup mata atas fenomena itu. Karenanya upaya patroli pencegahan dan penindakan selalu dan tak henti dilakukan demi menjaga kondusivitas serta menghindari aksi negatif yang meresahkan. Wardoyo