JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Cara Tepat Mengetahui Hasil Panen Padi, Sekaligus Mengantisipasi Sistem Ijon

Pengubinan di Dusun Bulak, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto
   
Pengubinan di Dusun Bulak, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk mencapai target swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah dan untuk mengetahui hasil panen, dilaksanakan pengubinan di lahan milik Sugiarto di Dusun Bulak, Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto.

Pengubinan melibatkan petugas PPL Suwarno, Hartono, Sutardi dan Veronika. Mereka didampingi Babinsa Koramil 18/Girimarto Sertu Maryadi.

Dari hasil pengubinan didapatkan hasil panen 5.4 kilogram padi basah. Luas lahan adalah 6000 meter persegi.

Baca Juga :  Lebaran 2024 Telah Berlalu Saatnya Kembali ke Rutinitas, Bekerja dan Belajar Bolo

Babinsa menyampaikan kegiatan pengubinan ini sebagai salah satu cara untuk memperkirakan hasil yang akan didapat. Sehingga para petani tidak diperdaya oleh sistem jual ijon yang hanya memperkirakan harga perluasan lahan yang ada.

“Kegiatan pengubinan bisa membuka pengetahuan mereka tentang prediksi produksi gabah panennya,” tandas dia, Selasa (23/7/2019).

Hartono anggota PPL, menyampaikan, untuk meningkatkan hasil panen, petani dianjurkan menanam padi unggul dengan sistem pola tanam jajar legowo. Karena dengan pola tanam tersebut akan menghasilkan anakan padi yang banyak sehingga hasil panen akan lebih banyak.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

“Selain dengan pola tanam tersebut, petani diharapkan memperhatikan masa penyemaian bibit, masa tanam, masa pemupukan dan masa pengeringan sehingga padi yang ditanam akan tumbuh dengan baik dan terhindar dari hama,” jelas dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com