JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Darurat Kekeringan Sragen, 5 Waduk dan 41 Embung Mengering. Ribuan Hektare Lahan Dipastikan Tak Lagi Dapat Pasokan Irigasi

Ilustrasi kondisi Waduk Bothok di Kedawung mulai mengering. Foto/Wardoyo
Ilustrasi kondisi Waduk Bothok di Kedawung mulai mengering. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Musim kemarau berkepanjangan di Sragen berdampak luas tak hanya ke air bersih warga. Ribuan hektare lahan pertanian juga dipastikan tak lagi menerima pasokan air menyusul kekeringan yang melanda sejumlah embung dan waduk.

Data di Bidang Sumber Daya Air DPU PR setempat mencatat, saat ini ada 5 waduk dan 41 embung di wilayah Kabupaten Sragen yang tak lagi terisi air.

Dari total tujuh waduk dan 42 embung, hanya tinggal dua waduk dan satu embung yang ada airnya.

Itu pun debitnya sudah sangat kritis dan sangat kecil.

Baca Juga :  Final Super Dramatis, Tim Perkasa Muda Sukes Juarai Turnamen Voli Jaya Kusuma Cup 1 Bareng Mas Bowo

“Dari total 7 waduk yang ada di Sragen, 5 waduk sudah dalam kondisi kering. Sementara 2 waduk lainnya hanya tinggal menyisakan debit antara 4 hingga 6 persen,” ujar Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sragen, Supardi saat ditemui di kantornya, Senin (2/9/2019).

Supardi menguraikan lima waduk yang sudah dalam kondisi kering itu di antaranya Waduk Botok, Waduk Gembong dan Waduk Kembangan di Kecamatan Karangmalang, Waduk Gebyar di Kecamatan Sambirejo, dan Waduk Brambang di Kecamatan Kedawung.

Sementara, dua waduk yang masih berair adalah Waduk Ketro di Kecamatan Tanon. Debitnya saat ini tinggal sebanyak 449.800 meter kubik, atau setara dengan 6 persen dari daya tampung.

Baca Juga :  Awas, Covid-19 Masih Ada. Terbaru 23 Warga Sragen Dirawat dan 15 Isoman

Sedangkan Waduk Blimbing di Kecamatan Sambirejo, kini tinggal menyimpan 21.914 meter kubik air, atau sekitar 4 persen dari daya tampung waduk.

“Seluruh waduk di Sragen memang tipikalnya hanya sebagai tampungan aliran-aliran sungai. Ketika musim kemarau tiba, tidak ada lagi pasokan air dari sungai. Sehingga debit waduk pun lambat laun akan mengering. Waduk Botok salah satu yang pertama (kering). Sekitar bulan Juli,” terangnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com