JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Daur Ulang Sampah Plastik Masih di Bawah 10 Persen

ilustrasi sampah / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Daur ulang sampah plastik di Indonesia sejauh ini belum berjalan dengan maksimal.

Hal itu terlihat dari hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI). Direktur SWI Dini Trisyanti mengungkapkan, daur ulang sampah plastik di Indonesia masih di bawah angka 10 persen.

“Seluruh sampah bukan hanya plastik saja, harusnya diolah dan tidak tertimbun di Tempat Pembuangan Akhir, namun di Indonesia baru tiga persen saja,” kata Dini, di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga :  Pengungsi Korban Gempa Cianjur di Kampung Cisarua Kekurangan Air Bersih

Ia mengatakan, terdapat 380 TPA yang tersebar di seluruh Indonesia dan kondisinya hampir penuh dan tidak bisa menampung volume sampah, termasuk TPA Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh SWI dari Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa setiap orang di Indonesia menggunakan plastik rata-rata 17 hingga 23 kilogram per tahun.

Jika dibandingkan dengan negara lain, angka penggunaan plastik Indonesia masih relatif kecil. Sebagai contoh Malaysia mencapai angka 40 kilogram per tahun. Semakin maju suatu negara maka semakin tinggi penggunaan plastik.

Baca Juga :  Viral Video 46 Detik, Oknum Polisi di Bogor Diduga Berbuat Tak Senonoh dengan Pemandu Lagu di Ruang Dinas

Pada praktiknya terdapat dilema antara pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian yang menargetkan konsumsi plastik tiap individu 25 hingga 40 kilogram per tahun. Di sisi lain sejumlah pihak di luar pemerintahan berusaha mengurangi angka itu.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com