JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Rajut Kebhinekaan, Siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pemilu Sekolah

SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengadakan pemilihan ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di sekolah pada Senin (2/9/2019). Istimewa
   
SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengadakan pemilihan ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di sekolah pada Senin (2/9/2019). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ajak siswa untuk menjaga kebhinekaan dalam berdemokrasi dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta pada ajang pemilihan ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di sekolah pada Senin (2/9/2019).

Kegiatan pemilihan tersebut melibatkan kurang lebih 268 siswa kelas tujuh hingga sembilan.

Aryanto selaku Humas sekolah menyampaikan bahwa para kandidat yang berjumlah tiga siswa berorasi di hadapan ratusan siswa dengan kostum adat tradisi dari daerah untuk menyampaikan pesan bahwa sebagai bangsa yang berbhineka tunggal ika maka harus mengedepankan persatuan dan kesatuan.
“Perbedaan keragaman adat dan tradisi tidak boleh memecahkan persatuan kita sebagai bangsa Indonesia, itu yang ingin kita sampaikan melalui acara ini,” tutur Aryanto kepada media menyikapi fenomena yang tengah terjadi di tengah kehidupan berbangsa saat ini.

Baca Juga :  Sedang Merebak, Seorang Warga Kadipiro Solo Meninggal karena Leptospirosis

Aryanto menambahkan, melalui pelaksanaan Pemilu (Pemilihan Umum) Ketua IPM periode 2019/2020 yang dikemas mirip dengan kegiatan yang dijalankan oleh KPU maka para siswa yang masih remaja tersebut mampu belajar berdemokrasi sejak dini mungkin dalam menggunakan hak pilih dan dipilih sesuai aturan yang ada.
“Selain pesan kebhinekaan, kami juga memberikan pendidikan politik kepada para siswa dalam hal berdemokrasi memilih pemimpin mereka,” terangnya.

Sikap pandangan siswa terhadap kebhinekaan juga terlihat saat kandidat nomor 01 Faiz Ariinto yang berorasi memakai baju adat Padang. Dalam orasinya, ia menyampaikan bahwa kita sudah ditakdirkan untuk berbeda-beda termasuk warna kulit maka dari itu tidak bisa menjadi alasan untuk menjelekkan satu sama lain. Sikap yang sama juga disampaikan oleh kandidat nomor 02 Adlyn Filzah yang memakai baju adat Minang dan kandidat nomor 03 Allifa Putri W memakai baju adat NTT yang menyampaikan bahwa sesama manusia harus saling menghargai.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Abdil Faiz Daffa Putra selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa proses pemilihan kandidat ketua IPM dilakukan dengan menyeleksi 30 calon yang ada menjadi 3 kandidat. Ketiga kandidat itu pada hari ini disosialisasikan melalui acara orasi dan debat kepada para siswa. Kegiatan berikutnya adalah pencoblosan suara dan perhitungan suara.
Ia pun berharap akan terpilih ketua IPM yang baru yang dapat diterima oleh semua siswa dan dapat lebih menggairahkan kegiatan-kegiatan di sekolah. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com