JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, Dandim Baru 0735/Surakarta Jadikan Pengalaman Tugas di Yogyakarta Sebagai Modal Pengamanan di Solo

Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0735/Surakarta. Triawati PP
loading...
Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0735/Surakarta. Triawati PP

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0735/Surakarta menjadikan pengalaman tugasnya di Kodim 0734/Yogyakarta sebagai modal pengamanan di Kota Solo. Menurut ayah satu putra tersebut, Kota Solo memiliki karakter masayarakat yang hampir sama dengan Yogyakarta.

“Di Solo tidak jauh berbeda dengan di Yogyakarta sebagai pusat kegiatan. Karakter penduduknya juga hampir sama, jumlah masyarakat siang dan malam berbeda. Jadi tantangannya sedikit banyak hampir sama. Maka pengalaman saya selama bertugas di Yogyakarta sedikit banyak membantu di sini,” tuturnya, Jumat (4/10/2019).

Pemilik kelahiran Bandung, 20 November 1980 tersebut mengakui, hal berbeda yang berlaku untuk pengamanan di Kota Solo yakni Kota Solo yang notabene merupakan tempat asal Presiden RI Joko Widodo. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena mengamanan VVIP melekat.

Baca Juga :  Data Corona Solo 8 April 2020, 2 PDP Asal Purwosari dan Mojosongo Dinyatakan Sembuh

“Tantangan tersendiri karena pengamanan VVIP itu tugas utama TNI, pengamanan melekat. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk pengamanan di Kota Solo. Sekarangpun saya sudah mulai mendekati beberapa tokoh berpengaruh untuk menjalin komunikasi,” tegasnya.

Dalam karirnya di dunia militer, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji memiliki sejumlah prestasi, diantaranya lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2001, penugasan pertama di kesatuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tahun 2003 di Grup 1 Kopassus, Tahun 2017 menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon-31 Grup 3 Kopassus. Sejumlah operasi di daerah konflik seperti Nangroe Aceh Darussalam dan Papua juga telah dilakoninya. Bahkan hingga penugasan ke luar negeri seperti Jepang, Thailand, India, Inggris dan Kanada. Triawati PP