JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Peneliti LIPI: Pidato Jokowi di Pelantikan Mirip Orba

   
Gestur Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato awal masa jabatan dalam acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pidato presiden Jokowi usai pelantikan di gedung MPR, Minggu (20/10/2019) dinilai mencerminkan arah pembangunan ala era Orde Baru.

Hal itu dilontarkan oleh Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor.

Dkatakan, menilai pidato perdana Presiden Joko Widodo atau Jokowi seusai pelantikan mencerminkan arah pemerintahan yang mengarah pada pembangunan ala era Orde Baru.

Dalam pidato tersebut, Jokowi sama sekali tak menyinggung masalah hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

“Saya membaca ini memang nampak nuansanya lebih pada masalah pembangunan, masalah efisiensi, dan juga pembangunan terkait SDM, yang kalau kita lihat ini kok agak-agak mirip pemerintahan Soeharto,” kata Firman kepada Tempo, Minggu (20/10/2019).

Firman menyayangkan pidato Jokowi yang seakan tak menaruh perhatian terhadap masalah hukum, HAM, demokrasi, dan pemberantasan korupsi.

Dia menilai, padahal empat hal itu merupakan masalah pokok yang juga berkaitan dengan Pancasila dan kemanusiaan.

Baca Juga :  1 Jam Rosan Roeslani Bertemu Pratikno, Membahas Susunan Kabinet untuk Pemerintahan Prabowo?

Selain itu, Firman menyebut Indonesia juga masih memiliki banyak pekerjaan rumah di empat isu tersebut. Dosen pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini menilai harusnya Jokowi menaruh perhatian terhadap empat itu itu.

“Dalam hal ini saya kira presiden tidak terlalu sensitif. Ini satu hal yang sangat disayangkan,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com