loading...
Foto/Humas Polda

KEBUMEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bagi masyarakat awam perlengkapan borgol barangkali hanya diketahui untuk mengekang penjahat.

Tapi ternyata ada fungsi lain borgol, selain untuk memborgol pelaku kejahatan.

Dalam teknik beladiri Polri, borgol bisa juga digunakan sebagai alat pertahanan dan alat untuk melumpuhkan musuh.

Pada kesempatan apel besar yang digelar Polres Kebumen, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan borgol dapat diaplikasikan ke dalam teknik beladiri Polri.

Dalam gerakan dasar, borgol bisa digunakan sebagai alat pemukul serta alat untuk menangkis pukulan lawan, diluar fungsi aslinya sebagai borgol.

“Dengan demikian, sebagai anggota Polri, borgol harus selalu kita bawa saat bertugas.” jelas AKBP Rudy di sela kegiatan apel seperti dilansir Tribratanews Polda Jateng, Senin (14/10/2019).

Baca Juga :  Update Terbaru Corona Jateng, Jumlah ODP Terus Melonjak 576 Orang Jadi 19.095 Orang, 144 Orang Positif, 22 Meninggal Dunia dan 444 PDP Dirawat

Pada kesempatan setelah apel itu, Kasat Tahti Polres Kebumen Ipda Suwarto yang juga instruktur beladiri Polres Kebumen memperagakan cara menggunakan borgol diluar fungsi borgol selanjutnya diikuti seluruh personel.

“Ini juga sebagai upaya kita dalam meningkatkan kemampuan para personel dalam melaksanakan tugasnya. Para personel harus mahir dalam beladiri,” katanya.

Borgol adalah adalah alat penahan yang dirancang untuk menyatukan kedua pergelangan tangan seseorang, untuk mencegah seseorang lari dari tahanan.

Biasanya terdiri dari dua gelang yang dihubungkan dengan rantai pendek, setiap gelang dapat dibuka dan ditutup dengan kunci serta terbuat dari logam.

Baca Juga :  Miris, Bocah 12 Tahun Diperkosa Bergantian oleh Bapak Kandung dan Pamannya Sendiri Hampir 2 Tahun

Sifatnya yang cukup keras, oleh anggota Polri bisa digunakan sebagai alat untuk melumpuhkan musuh. JSnews