JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terekam CCTV, Aksi Bocah Curi Kotak Amal Masjid Al Hidayah Miri Sragen. Awalnya Pura-pura Tidur, Lalu Kuras Uang Ratusan Ribu di Dalam Kotak 

Ilustrasi penangkapan tersangka pelaku kejahatan. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi penangkapan tersangka oleh Polres Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Seorang bocah berusia 15 tahun asal Karungan, Plupuh terpaksa diamankan polisi, Rabu (23/10/2019). Pasalnya bocah berinisial WK alias UC itu tertangkap melakukan pencurian kotak amal di Masjid Al Hidayah, Desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen.

Aksi remaja itu terungkap berkat rekaman CCTV yang ada di dalam masjid. Data yang dihimpun di lapangan, aksi pencurian terjadi pada hari Senin (21/10/2019) sekira pukul 11.30 WIB.

Kejadian bermula ketika Senin (21/10/2019) pagi sekitar pukul 04.00 WIB, salah satu warga, Jatno (48)  hendak persiapan Salat Subuh dengan menyalakan pengeras suara untuk memutar pujian-pujian menjelang Azan Subuh.

Saat itu, ia melihat tersangka sudah berada serambi masjid dalam posisi tidur. Setelah salat subuh, ia kembali ke rumahnya.

Baca Juga :  BPR Kandimadu Arta Buka Cabang ke-4 di Masaran, Sragen

Sekitar pukul 07.00 WIB, Jatno kembali ke masjid tersebut guna bersih-bersih. Saat itu ia masih mendapati terlapor tidur di dalam masjid tepatnya di samping kotak amal dengan posisi tengkurap.

Selesai bersih-bersih, ia pulang dan kembali lagi ke masjid pukul 11.30 WIB. Saat tiba di masjid, ia mendapati tersangka sudah tidak ada.

Saat itu, ia belum mengetahui bahwa kotak amal tersebut sudah dalam keadaan rusak dan uangnya sudah tidak ada.

Ia baru menyadari pada sore harinya saat pandangannya tertuju pada kotak amal yang ternyata sudah rusak. Saat dicek ternyata kotak sudah dalam keadaan rusak ada bekas congkelan. Uang di dalam kotak sudah kosong. Diperkirakan di dalam kotak isinya sekitar Rp 500.000. Mengetahui kejadian tersebut, Jatno langsung melapor ke salah satu tokoh, Abdullah (47) dan kemudian berinisiatif membuka rekaman CCTV guna melihat rekaman pada hari kejadian.

Baca Juga :  Alhamdulillah, 6 Warga Sragen Positif Covid-19 Kembali Sembuh. Dua Orang Asal Tanon Termasuk Bocah 12 Tahun dan 2 Pasien Klaster Pasar Geyer Grobogan asal Gemolong

Saat dibuka rekamannya, ternyata peIaku pencurian tersebut adalah bocah yang tidur di pagi hari tersebut. Atas kejadian itu, langsung dilaporkan ke Polsek setempat.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubag Humas AKP Agus Jumadi membenarkan adanya kasus itu. Menurutnya saat ini kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian. Wardoyo