JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Duarrr! Ledakan Dahsyat di Tanjungsari Tirtomoyo Wonogiri, Berasal Dari 2 Batu Besar yang Mengancam Jiwa

Batu besar di Tanjungsari Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri sesaat sebelum diledakkan. Dok. Kodim 0728
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Batu besar di Tanjungsari Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri sesaat sebelum diledakkan. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Suara ledakan keras terdengar dari RT 4 RW 5 Desa Tanjungsari Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri, Minggu (24/11/2019). Namun dengan adanya ledakan tersebut warga sekitar justru terhindar dari bencana yang mengancam.

Suara ledakan itu berasal dari dua buah batu berukuran besar yang ada di perbukitan setempat. Dua batu itu memang sengaja diledakkan oleh instansi setempat dalam rangka
mitigasi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Senin (25/11/2019) mengatakan, dua batu itu berukuran 14 meter x 4,2 meter dan ukuran 2, 7 x 10 meter.

Baca Juga :  Jos Lur, 148 Warga Wonogiri Sembuh dari COVID-19, Namun Masih Ada 48 Spesimen Swab yang Belum Keluar Hasilnya

“Upaya ini dilakukan mengingat kondisi kedua batuan berada di lahan daerah bukit dengan kondisi potensi rawan longsor,” kata dia.

Berdasarkan kajian tehnis tim BPBD lokasi batuan hanya berjarak sekitar 100 meter dari permukiman penduduk. Apabila terjadi luncuran dimungkinkan akan berdampak sekitar 12 bangunan rumah di bawahnya.

Baca Juga :  Komunitas Wonogiri Peduli ASI Alias KOWPAS Dukung Program ASI Eksklusif

“Koordinasi antara BPBD, Forkompincam Tirromoyo dan Pemerintah Desa Tanjungsari akhirnya kedua batuan telah dikondisikan dengan cara peledakan sehingga kondisi sekarang sudah tidak membahayakan dan berpotensi rawan longsor,” sebut dia.

Kegiatan yang diinisiasi Desa Tanjungsari itu sekaligus sebagai upaya tindak lanjut setelah desa yang bersangkutan telah membentuk Destana pada awal Nopember tahun ini. Aria